• Hari ini : Rabu, 15 Agustus 2018

Chairansyah Panen Ikan Papuyu di Binjai Pirua

Plt Bupati HST – H A Chairansyah Saat Berhasil Mendapatkan Ikan. (KP/Ary)

Barabai, KP – Pada tahun 2017 lalu berhasil memanen ikan Haruan dan Tauman di Desa Samhurang, awal tahun 2018 ini Plt Bupati HST H A Chairansyah kembali melaksanakan program dan kegiatan yang melibatkan masyarakat yaitu dengan memanen ikan papuyu bertempat di desa Binjai Pirua wilayah Kecamatan Labuan Amas Utara (LAU) selasa siang kemarin (15/05).

Hal ini sesuai dengan visi dan misi kepemimpinan yang dicanangkan jauh-jauh hari, yaitu salah satunya adalah dalam satu wilayah akan ada satu produk unggulan, misalnya dalam hal ini adalah di bidang perikanan, maka digalakkan Kampung Papuyu, Kampung Haruan dan lainnya, begitu juga di bidang pertanian dan bidang lainnya.

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan HST beserta jajaran selaku leading sektor dengan melibatkan pihak perbankan yaitu Bank Indonesia Perwakilan Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan dan menggandeng pihak perbankan yang ada di HST, Badan Pertanahan Nasional serta kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) yang dibantu para penyuluh perikanan yang melibatkan masyarakat.

Plt. Bupati HST H A Chairansyah pimpin langsung pelaksanaan panen ikan papuyu dalam kolam yang dikelilingi jaring ini didampingi wakil pimpinan Bank Indonesia Perwakilan Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan Irawan.

Wakil pimpinan Bank Indonesia Perwakilan Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan Irawan dalam pengantarnya mengatakan bahwa sesuai dengan Strategic Advisory yang dimiliki pihaknya dimana untuk wilayah HST, data potensi budidaya ikan lokal itu sangat besar, terutama di wilayah yang dekat dengan perairan seperti Binjai Pirua ini.

Untuk itu, pihaknya kembali memperpanjang MoU dengan Pemkab HST untuk mengembangkan budidaya ikan lokal bekerjasama dengan pihak perbankan yang ada di wilayah HST terhitung sejak 2018 hingga 2021, yang pada intinya pihaknya ingin membantu Pemkab HST dalam mensejahterakan masyarakat yang sangat berpotensi ini, tambahnya.

Sementara itu Plt Bupati HST H A Chairansyah dalam sambutannya mengatakan bahwa selama ini masyarakat hanya tahu memancing ikan papuyu, namun cara beternak dan membesarkan ikan papuyu tersebut belum tersentuh.

Sehingga pihaknya melalui Dinas terkait dan para Penyuluh Perikanan tidak main-main dalam turut menyukseskan program kerja, visi dan misi pembangunan di bidang perikanan ini, dengan jemput bola ke lapangan memberikan bimbingan kepada kelompok pembudidaya ikan lokal ini sehingga berhasil, ujarnya.

Salah satunya yaitu dengan kita melaksanakan panen ikan papuyu pada hari ini dan tujuan akhirnya adalah masyarakat sejahtera, tegasnya.

“kami juga tetap membuka peluang kerjasama dengan pihak lain dalam bidang pertanian, perikanan dan bidang lainnya”, tambahnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Focus Grup Discussion (FGD, dialog dan lainnya. (adv/ary/K-6)

Tag:
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua