Dana Hibah Pilkada Ditandatangani

ditulis pada 1 Agustus 2017

BUPATI HSS – H Achmad Fikry dan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) HSS Imron Rosyadi melakukan penandatangan NPHD untuk Pilkada 2018 di HSS.

Kandangan, KP –  Pemerintah Kabupaten HSS dan KPU Kabupaten HSS menandatangani nota kesepahaman Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan Tahun 2018 di Aula Rakat Mufakat, Senin (31/7).

Bupati HSS H Achmad Fikry dan Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) HSS Imron Rosyadi melakukan penandatangan NPHD untuk Pilkada 2018 di HSS.

Penandatangan itu disaksikan oleh Ketua KPU Provinsi Kalsel Samahuddin Muharram, Anggota KPUD HSS dan para kepala SKPD dan seluruh camat se HSS.

Dana hibah yang diterima oleh KPUD HSS Rp 20.659.426.456. Pemberian dana hibah itu akan dilaksanakan dalam tiga tahapan.

Untuk tahap pertama, pencairan akan dilakukan sebesar Rp 4.272.010.000 melalui APBD Kabupaten HSS tahun anggaran 2017.

Tahap kedua, pencairannya sebesar Rp 1.000.000.000 melalui APBD perubahan Kabupaten HSS tahun anggaran 2017. Untuk tahap ketiga, pencairannya sebesar Rp 15.387.416.456 melalui APBD Kabupaten HSS tahun anggaran 2018.

Ketua KPUD HSS Imron Rosyadi mengatakan dana hibah itu akan digunakan dengan sebaik mungkin untuk pelaksanaan pilkada 2018 di HSS.

“Dana hibah yang ada, 50 persen akan digunakan sebagai biaya penyelenggara dan 50 persen lagi untuk biaya logistik pilkada 2018,” katanya.

Dengan sudah dilakukannya penandatangan NPHD maka kinerja KPUD HSS bisa berjalan dengan maksimal.

Sementara itu, Bupati H Achmad Fikry,MAP dalam sambutannya mengatakan  ia selaku pemerintah daerah berkewajiban menyiapkan dana untuk Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2018 yang besarannya disesuaikan dengan anggaran yang telah direncanakan oleh KPU Kabupaten.

Dana yang disiapkan oleh pemerintah daerah, pencairannyapun sesuai dengan waktu pentahapan Pemilukada Serentak Tahun 2018.

“ Kami jajaran Pemkab dan para camat perangkat daerah siap memfasilitasi kelancaran Pemilukada HSS” kata Bupati H.Achmad Fiky.

Fasilitas yang dimaksud adalah seperti sekretariat PPK di kecamatan dan tenaga kecamatan yang akan membantu proses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan Tahun 2018.

Sedangkan untuk pengamanan, itu merupakan bentuk kegiatan yang tidak tertuang dalam perjanjian.

Namun pemerintah daerah sudah berkoordinasi dengan Polres Hulu Sungai Selatan yang akan menempatkan petugasnya pada perangkat daerah, khususnya di kecamatan.

Secara infrastruktur, pemerintah daerah telah mengupayakan perbaikan jalan khususnya ke Kecamatan Daha Barat sudah dapat melewati jalan darat sehingga distribusi logistik dan penyampaian laporan dapat berjalan lancar.

Pesta demokrasi yang berjalan setiap lima  tahun sekali, yang kali ini dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018, sementara masa jabatan Bupati berakhir pada tanggal 17 Juni 2018.

Ini menjadi kesempatan bagi masyarakat Hulu Sungai Selatan untuk memilih Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Selatan secara langsung demi kemajuan pembangunan daerah dimasa yang akan datang.(noi/K-6)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.