Dekati Lebaran, Jual Beli Kue Kering Mulai Ramai

ditulis pada 19 Juni 2017
MULAI RAMAI -- Aktivitas penjualan kue kering di kawasan Pasar Sudimampir Banjarmasin yang mulai ramai mendekati hari lebaran, Idul Fitri 1438 Hijriah. (KP/lili)

MULAI RAMAI — Aktivitas penjualan kue kering di kawasan Pasar Sudimampir Banjarmasin yang mulai ramai mendekati hari lebaran, Idul Fitri 1438 Hijriah. (KP/lili)

Banjarmasin, KP –  Menjelang Hari Raya Idul Fitri yang sudah tinggal beberapaa hari lagi, aktivitas penjual dan pembeli kue kering di Banjarmasin mulai terlihat ramai.

Pantauan KP, Minggu (18/6), penjualan kue kering tidak hanya di pasar-pasar, toko atau pusat pembelanjaan. Namun tidak sedikit pedagang dadakan yang menggelar dagangannya, termasuk pula mereka yang sehari-sehari berjualan makanan, mendekati lebaran ini terlihat menjadi penjual kue kering.

Seiring dengan meningkatnya penjualan, pembelian kue kering juga mulai menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan.

Peningkatan permintaan meningkat hingga 50 persen dari hari biasanya.

Harga yang ditawarkan toko-toko kue Pasar Sudimampir sebagai kawasan yang terlihat paling banyak menjual kue kering, sangat bervariasi, mulai dari Rp50  ribu hingga diatas Rp 120 ribu per kilogram.

Sedangkan yang lebih disukai pembeli adalah kue-kue kering buatan lokal Banjarmasin karena rasanya lebih enak menggunakan mentega bermerek. Sedangkan kue kering produk Jawa harganya lebih murah, namun dari segi tampilan lebih menarik.

Para penjual memprediksi, pembeli kue akan semakin meningkat hingga 200 persen, semakin mendekati hari lebaran. .

Tika, salah seorang penjual kue Lebaran mengatakan, tren pembeli kue kering menurutnya semakin meningkat dari tahun ke tahun,  karena masyarakat tidak mau repot-repot lagi membuat kue sendiri, mengingat kue kering sekarang juga sudah dijual dengan harga yang bersaing.

“Kalau saya pribadi sih, lebih milih beli sih daripada bikin. Repot kalau bikin-bikin, sudah gak ada waktunya,” ungkap Tika.

Menjelang Lebaran, kue-kue kering yang paling banyak dibeli adalah nastar, kue cokelat, castengel, putri salju.

“Sekarang juga lagi ngetren dan banyak yang cari kue-kue bentuk sama warnanya unik, kayak kue rasa macha misalnya,” kata Tika menambahkan. (lia/K-7)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.