• Hari ini : Kamis, 24 Mei 2018
  • 28 C

Desa Muning Baru Maju Lomba Tingkat Provinsi

SUASANA – Kegiatan lomba desa di Muning baru kec Daha Selatan. (KP/Norda Simah)

Kandangan, KP – Desa Muning Baru Kecamatan Daha Selatan dinilai oleh Tim Lomba Desa Tingkat Propinsi Kalsel, Senin (23/4). Tim yang diketuai oleh Drs. H. Hadi Purwanto, M.AP tiba yang disambut oleh Sekda Drs H M Ideham, MAP, Tim Penggerak PKK, Muspika serta Pemerintah Desa dan masyarakat Muning Baru.

Plt Bupati H Ardiansyah yang diwakili oleh Sekda H M Ideham, map berterima kasih dan meyambut baik kehadhiran tim di muning Baru.

“Kami persilahkan semua Tim menilai dengan sebenar-benarnya, karena masyarakat Muning baru memang apa adanya.

Sekda HSS H.M Ideham mengatakan, melalui lomba desa pada hari ini, akan menjadi salah satu bentuk apresiasi pemerintah kepada masyarakat yang di kerjakan secara sinergi sehingga apa yang menjadi tujuan dan kemauan baik dari pemerintah daerah, pemerintah desa, maupun masyarakat itu sendiri bisa tercapai.

Sekda juga mengatakan perlombaan desa ini merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan, sebab mengandung makna untuk memotivasi masyarakat dan aparat desa untuk berlomba-lomba serta bersaing secara aktif dan positif dalam membenahi fisik desa maupun administrasi pemerintahan. Di samping itu, juga akan memacu semangat bekerja dan mengabdi bagi segenap masyarakat dari desa tersebut.

Kegiatan ini juga akan mendidik masyarakat desa agar terpicu dan terpacu semangatnya untuk membangun desa yang berbasis pada pengembangan prakarsa dan swadaya gotong-royong masyarakat yang tumbuh dari bawah, karena keberhasilan pembangunan desa akan mudah terealisasi apabila didukung oleh seluruh elemen masyarakat.

“Maju tidaknya sebuah desa tidak hanya tergantung pada pemerintah, namun masyarakatnya juga ikut berperan penting dalam membangun sebuah desa tersebut,” ujarnya.

Gusriadi, Kepala Desa Muning Baru dihadapan tim penilai mengatakan  bahwa Desa Muning Baru akan melaksanakan beberapa inovasi diantaranya yang sesuai dengan kondisi geografis desa yang pada saat musim kemarau nantinya, lahan yang terhampar luas akan dimaksimalkan dengan tanaman semangka. Yang selanjutnya adalah pengemasan ikan kering untuk dipasarkan sampai keluar daerah juga ditambah dengan pengemasan saos tomat, karena selain semangka Desa Muning Baru juga penghasil tomat yang cukup besar, jika harga tomat dipasaran turun dapat disiasati dengan dijadikan saos.

“Bantuan alat sudah diberikan oleh Dinas Pertanian, tinggal pelatihannya lagi nanti akan kami laksanakan,”katanya.

Sementara itu Ketua Tim Penilai Drs. H. Hadi Purwanto, M.AP menyampaikan lomba desa ini diharapkan dapat memacu semangat semua warga untuk menjadikan desa yang maju dan baik disegala bidang.

“Kemandirian desa dalam rangka mendukung upaya percepatan kemajuan pembangunan yang lebih dititikberatkan pada pencapaian kemajuan pembangunan di perdesaan,”pungkasnya. (noi/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua