Dewan Cek Akreditasi Puskesmas di Pelosok

ditulis pada 23 September 2017

Pelayanan di Puskesmas

Banjarmasin, KP – Komisi IV DPRD Kalsel melakukan pengecekan terhadap akreditasi puskesmas yang ada di wilayah Kalsel, terutama yang berada di pelosok kabupaten, seperti halnya di Kabupaten Tanah Bumbu.

“Kita melakukan pengecekan terhadap akreditasi puskesmas yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu,’’ kata Sekretaris Komisi IV DPRD Kalsel, HM Lutfi Saifuddin kepada wartawan, kemarin, di Banjarmasin.

Karena, akreditasi puskesmas salah satu dari upaya peningkatan pelayanan serta derajat kesehatan masyarakat yang menjadi program pemerintah, sekaligus melihat langsung pelayanan yang diberikan puskesmas tersebut.

“Akreditasi puskesmas merupakan keniscayaan yang harus mendapatkan perhatian bersama. Karena akreditasi tersebut tidak cuma ketenagaan pelayanan, tetapi juga perangkat penunjang lainnya,’’ tambah politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini.

Menurut Lutfi, peningkatan pelayanan dan derajat kesehatan masyarakat itu turut menentukan penentuan tingkatan indeks pembangunan manusia (IPM) Kalsel yang kini berpenduduk mencapai empat juta jiwa.

“Namun dalam kunjungan kami ke Tanbu tersebut kemungkinan hanya menemui Dinas Kesehatan (Dinkes) kabupaten setempat.

Tetapi jika memungkinkan juga meninjau Puskesmas yang terkena program akreditasi,’’ jelasnya.
Sebelumnya Komisi IV DPRD Kalsel yang diketuai Yazidie Fauzi dari Partai Kebangkitan Bangsa mengunjungi Kabupaten Tabalong untuk mengecek akreditasi Puskesmas di wilayah paling utara provinsi tersebut.

Dalam kunjungan ke Tabalong tersebut, Komisi IV DPRD Kalsel meninjau beberapa Puskesmas yang masuk program akreditasi, antara lain Puskesmas Mabuun. (lyn/K-2)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.