• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Dewan Dorong Peningkatan PAD

PAD Banjarbaru terus didorong peningkatannya tiap tahun.
PAD Banjarbaru terus didorong peningkatannya tiap tahun.

Banjarbaru, KP – Ketua DPRD AR Iwansyah mendorong peningkatan PAD pada 2017 depan di Banjarbaru.

“Harus terus ditingkatkan setiap tahun, jadi hasilnya bisa digunakan mewujudkan program pembangunan,’’ tandasnya, kemarin.

Dia mengatakan, target PAD yang dipatok sebesar Rp175 miliar, bisa lebih ditingkatkan lagi. Ada dua langkah bisa ditempuh, yakni upaya intensifikasi dan ekstensifikasi seluruh potensi.

“Langkah intensifikasi bisa dilakukan dengan menggali potensi PAD yang sudah ada melalui optimalisasi tugas dan peran aparatur pemungut pajak dan retribusi daerah,’’ ungkapnya.

Sedangkan langkah ekstensifikasi dengan menggali sumber-sumber pendapatan daerah yang baru guna menambah besar penerimaan daerah setiap tahunnya.

“Cukup banyak sumber pendapatan daerah yang bisa digarap dan dikembangkan, seperti parkir dan retribusi jasa lain, terutama berkaitan jasa di wilayah perkotaan,’’ tandasnya.

Adapun target PAD Banjarbaru 2017 ditetapkan sebesar Rp175 miliar, terdiri dari pajak daerah Rp84,7 miliar dan retribusi daerah Rp11,5 miliar.

Kemudian hasil pengelolaan kekayaan daerah yang ditargetkan mampu meraih penerimaan sebesar Rp11,8 miliar dan lain-lain pendapatan asli daerah mencapai Rp66,9 miliar. (wan/K-5)

Tag:, ,
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua