• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Di Pulpis, Tujuh Bencana yang Menonjol

Bencana banjir yang terjadi di Kecamatan Banama Tigang.
Bencana banjir yang terjadi di Kecamatan Banama Tigang.

pulang Pisau, KP – Kepala Badan Penanggulangan Bencana (BPbD) Kabupaten Pulang Pisau Salahudin melalui Sekretaris BPBD Rudi Purwadi mengatakan, bahwa di wilayah Kabupaten Pulang Pisau terdapat tujuh bencana yang paling menonjol diantaranya, Karhutla, banjir, banjir karena pasang surut, abrasi (longsor), gagal teknologi, angin puting beliung dan konflik sosial.

“Saat ini, bencana yang paling menonjol adalah bencana banjir,’’ kata Rudi Purwadi.

Diungkapkannya, di Kabupaten Pulang Pisau terdapat lima kecamatan yang rawan bencana. Lima kecamatan tersebut kata Rudi, adalah Kecamatan Banama Tingang, Kahayan Tengah, Kahayan Kuala, Sebangau Kuala dan Kecamatan Jebiren Raya.

Di Kecamatan Jebiren Raya sangat rawan terjadi  abrasi atau longsor seperti di Desa Henda. Sementara bencana seperti angin puting beliung rawan terjadi di Kecamatan Kahayan Kuala.

“Kalau bencana banjir itu ada yang disebabkan karena hujan dan ada juga yang terjadi karena pasang surut yang begitu cepat,’’ ungkapnya.

Lebih lanjut di jelaskan, bencana banjir karena pasang surut biasanya terjadi di daerah pesisir pantai seperti di Kecamatan Kahayan Kuala. Sementara bencana di Kabupaten Pulang Pisau yang menduduki peringkat pertama adalah bencana Karhutla.

Hanya saja lanjut Rudi, pihaknya bersyukur pada tahun ini masalah kebakaran hutan dan lahan (Karhula) relatif sangat menurun.

“Bencana ini kita tidak memprediksi. Datangnya bisa kapan saja. Tetapi, semua bencana ini berbahaya jika kita tidak waspada,’’ pungkasnya. (SGT/K-8)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua