• Hari ini : Selasa, 23 Januari 2018

Digiring, 6 Wanita dari Warung Jablay

10-5-klm-6-cm-jablai

PARINGIN, KP – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan kembali melakukan razia `warung jablay’ (waru malam,red). Selasa dinihari (8/11) sekitar pukul 01.00 WITA.

Anggota Satpol PP Balangan menyisir wilayah Kecamatan Juai, yang dibantu anggota Polsek Juai. Kedatangan petugas membuat pemilik warung jablay panik.

Hasilnya, digiring sebanyak 6 orang wanita penjaga warung dari 4 warung yang dirazia.

Satu persatu penjaga warung dan pengunjung diperiksa dan didapatkan penjaga warung yang tidak memiliki KTP bahkan ada yang dibawah umur.

Kasatpol PP, Ardiansyah menyampaikan, kegiatan operasi pekat yang rutin dilaksanakan pihaknya ini merupakan bentuk ketegasan akan pelanggaran Perda yang telah dibuat.

Serta banyaknya laporan masyarakan yang resah dengan aktifitas warung malam.

“Dari hasil operasi banyak ditemukan wanita penjaga warung yang masih berusia belia atau di bawah 17 tahun sehingga belum mempunyai KTP, mempekerjakan gadis di bawah umur jelas merupakan salah satu pelanggaran,’’ tegasnya.

Selain itu, dari hasil razia kata dia, pihaknya juga banyak menemukan penjaga warung yang masih menggunakan KTP sementara.

Karena KTP sementara itu bisa direkayasa, remaja yang belum cukup tapi tetap dibuatkan.

“Dimbau kepada pemilik warung seperti sudah sering kita sampaikan agar jangan mempekerjakan gadis dibawah umur, tapi masih saja ngeyel. Kalau kita sudah habis kesabaran bukan tidak mungkin nanti akan kita tindak dengan tegas, termasuk menyidangkannya di pengadilan dengan dikenakan tindak pidana ringan (tipiring),’’ katanya.

Kasat imbau pula agar masyarakat berperan aktif melaporkan aktifitas warung malam ini dan kepada pemilik atau penjaga warung agar elakukan kegiatan  dibatasi cukup sampai pukul 00.00 WITA dan untuk para penjaga warung agar mengenakan pakaian sopan. (jun/K-4)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua