• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Diharapkan Semua SKPD Terus Gali PAD

RAKOR - Sekda Kapuas Rianova, saat memberikan sambutan pada kegiatan rapat koordinasi dan evaluasi pendapatan daerah semester I yang dilaksanakan di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Kapuas, Kamis (28/7). (KP/ist)
RAKOR – Sekda Kapuas Rianova, saat memberikan sambutan pada kegiatan rapat koordinasi dan evaluasi pendapatan daerah semester I yang dilaksanakan di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Kapuas, Kamis (28/7). (KP/ist)

Kuala Kapuas, KP – Dalam rangka menyatukan dan menyamakan persepsi, serta merumuskan strategi terhadap Pendapatan Daerah melalui kegiatan ekstensifikasi dan intensifikasi pendapatan, mengevaluasi hasil kinerja pendapataan Daerah Tahun 2016 dari masing-masing SKPD penghasil dan Kecamatan, serta mengkoordinasikan permasalahan yang timbul, menggali dan mengoptimalkan potensi PAD, guna evaluasi peningkatan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Kapuas.

Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kapuas mengadakan rapat koordinasi dan evaluasi pendapatan daerah semester I yang dilaksanakan di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Kapuas, Kamis (28/7).
Rapat dibuka dan dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Rianova didampingi Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kapuas Andres Nuah, diikuti oleh seluruh kepala SKPD Kabupaten Kapuas, para Kepala Bagian Sekertariat Daerah Kabupaten Kapuas, semua camat se Kabupaten Kapuas, Pimpinan BUMD, Pimpinan Perbankan, Kepala BPN Kabupaten Kapuas serta Notaris.

Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kapuas Rianova, mengharapkan kepada semua SKPD dan Kecamatan penghasil agar terus  menggali dan mamacu upaya meningkatkan penerimaan PAD melalui pajak daerah dan restribusi daerah yang merupakan sumber penerimaan daerah untuk pembangunan di Kabupaten Kapuas.

Lebih jauh dia mengharapkan agar kerja sama serta sinergitas dan koordinasi seluruh pihak, baik Kepala SKPD, Camat, Lurah, Kades, Badan Pertanahan Kabupaten Kapuas, Notaris, untuk meningkatkan peranya dan proaktif dalam mendukung upaya intensifikasi dan ekstensivikasi PAD di Kabupaten Kapuas melalui kerja cerdas, kerja tuntas, berkualitas dana kerja Ihklas, serta melakukan pembenahan data potensi sumber PAD, mengintensifikasi pemungutan yang menjadi tupoksi, guna meningkatkan PAD Kabupaten Kapuas.

“Jangan hanya pintar membuat dan menyusun rencana anggaran biaya, tetapi juga bagaimana memikirkan dan menggali sumber pendapatan asli daerah sebagai sumber dana pembangunan dan pembiayaannya,’’ kata Rianova.

Di tempat yang sama Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kapuas Endres Nuah melaporkan bahwa target Pendapatan Daerah Tahun 2016 sebesar Rp. 1.718.974.754.000,- mengalami kenaikan sebesar Rp.210.051.478.000,- dibandingkan Tahun 2015 sebesar Rp. 1.508.923.276.000,-. Sedangkan realisasi sampai dengan Juli 2016 sebesar Rp. 877.712.969.679,09,- ( 51,06 % ).

Hasil yang ingin dicapai dari pelaksanaan rakor tersebut menurut Kadispenda yaitu diperolehnya informasi terkait dalam permasalahan upaya peningkatan PAD, menghasilkan rekomondasi dan matriks evaluasi peningkatan PAD, serta terintegrasinya kegiatan Dinas/Instansi/Badan/Unit terkait se Kabupaten Kapuas.

Mekanisme rapat koordinasi diawali dengan paparan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Kapuas, paparan dari para Kepala SKPD dan Camat se Kabupaten Kapuas, rapat plena dan Tanya jawab serta perumusan dan kesimpulan rakor. (Al/K-8)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua