• Hari ini : Senin, 20 Agustus 2018

Dinas Bina Marga Dapat Alokasi Rp400 miliar

Kotabaru, KP – Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, mendapat alokasi Rp400 miliar dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas BM dan SDA Kabupaten Kotabaru Suprapti Tri Astuti, Jumat mengatakan, kegiatan pembangunan yang diprogramkan Pemerintah Kabupaten Kotabaru tahun ini terfokus di instansinya. “Khususnya untuk perbaikan infrastruktur jalan,” katanya.

Anggaran Rp400 miliar itu untuk membiayai 23 paket proyek perbaikan jalan yang tersebar di semua wilayah, baik Pulau Laut, Kelumpang, maupun Pamukan. Enam paket diantaranya merupakan proyek multiyears atau tahun jamak karena anggaran yang diperlukan sangat besar.

Ia mencontohkan, untuk perbaikan satu ruas jalan ada yang membutuhkan biaya hingga Rp 80 miliar lantaran tingkat kerusakan yang parah.

Jika langsung dianggarkan sekaligus, keuangan daerah tentu tak sanggup. Oleh sebab itu, pendanaannya dibagi menjadi tiga tahun anggaran.

Ada enam paket pekerjaan di-multiyears-kan, yang lain-lain tahun tunggal. Kebanyak di daerah pamukan yang parah, ada yang anggaran sampai Rp80 miliar, terang Tuti.

Dijelaskannya, perbaikan jalan yang akan dilakukan sebagian hingga pengaspalan, namun ada pula yang hanya tahap perkerasan karena keterbatasan anggaran.

Pembukaan badan jalannya tetap 15 meter, tapi pengaspalannya mungkin ada yang cuma empat atau enam meter, tambahnya.

Dengan besarnya anggaran yang dialokasikan tahun ini, diharapkan persoalan buruknya infrastruktur jalan di Kabupaten Kotabaru dapat mulai diselesaikan. Dari ruas jalan kabupaten sepanjang 1.389,185 kilometer, saat ini lebih dari 60 persennya dalam kondisi rusak ringan hingga berat. (net/K-6)

Tag:
loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua