• Hari ini : Senin, 19 Februari 2018

Dinkes HSU Galakkan Germas

BUPATI HSU – menyerahkan bantuan sepeda kepada siswa kurang mampu. (KP/Novendra)

Amuntai, KP – Dalam upaya mewujudkan masyarakat hidup sehat atau (germas), Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melakukan berbagai kegiatan sosialisasi kepada masyarakat.

Seperti yang dilakukan belum lama tadi, dengan mengampanyekan pangan tanpa Pemanis Pewarna dan Pengawet yang dilangsungkan di Aulan Dinkes setempat yang tujuannya tidak lain adalah untuk mendukung Germas tersebut.

Plt. Kepala Dinkes HSU dr. H. Agus Fidliansyah mengatakan melalui kegiatan ini diharapkan bagaimana produk panganan industry rumah tangga pada khususnya dengan menggunakan bahan pemanis, pengawet dan pewarna dengan cara tepat tidak merusak sehingga sehat untuk dikonsumsi.

“Jadi melalui kegiatan ini diharapkan bagaimana produk pangan industri rumah tangga dapat menguasai teknologi pengolahan pangan dengan bijak pada penggunaan Pemanis, Pewarna dan Pengawet (3P)” terang Agus.

Kegiatan kampanye Germas ini terang Agus dilaksanakan oleh Dinkes Provinsi Kalimantan Selatan (kalsel) bekerjasama dengan Dinkes HSU untuk mendukung implementasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Dengan Kampanye Pangan Tanpa 3P diharapkan  informasi yang disampaikan dapat menjangkau pada masyarakat paling bawah, agar masyarakat lebih teliti dan cermat dalam memilih pangan yang akan diolah untuk dikonsumsi.

Kegiatan diikuti dari Kader Posyandu, ibu-ibu PKK, Organisasi Wanita dan Petugas Pangan  Puskesmas sertapeserta lainnya, lanjut Agus.

Materi yang diberikan pada sosialisasi antara lain Kebijakan dan Kebutuhan Tentang Pangan, Bahaya BTP Khususnya 3P, Hygiene dan Sanitasi Pangan Sehat, Pemberdayaan Masyarakat Tentang Penggunaan BTP pada Pangan Khususnya 3P.

Kampanye Pangan Tanpa 3P dilakukan dengan tujuan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas dalam pembinaan dan pengawasan terhadap pelaku usaha Industri Rumah Tangga terhadap pangan tanpa 3P di wilayah kerjanya.

Selain itu terang Agus menambahkan melalui kegiatan ini sekaligus diharapkan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petugas dalam penyebaran informasi keamanan pangan kepada masyarakat dan meminimalkan penggunaan Bahan Tambahan Pangan (BTP) pada industri rumah tangga untuk mendukung implementasi Germas. (nov/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua