Dinkes Pulpis Belum Laksanakan Vaksin Rubella?

ditulis pada 22 Agustus 2017

Pulang Pisau, KP – Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau, dr. Mulyanto Budihardjo, mengatakan, saat ini pihaknya belum melaksanakan Vaksin Measles Rubella (MR).

Sebab, sesuai program pusat, mulai awal Agustus ini vaksin MR difokuskan di seluruh pulau Jawa, sedangkan untuk wilayah Kalimantan termasuk Kabupaten Pulang Pisau mulai jalan pada 2018 mendatang.

“Untuk Kalimantan khususnya kita di Kabupaten Pulang Pisau akan dilaksanakan 2018. Awal Agustus sudah launching di Jakarta sehingga sekarang khusus untuk daerah Jawa dulu,’’ kata dr. Mulyanto, kemarin.

Dikatakan Mulyanto, meski bukan hanya untuk Rubella namun imunisasi umum sudah menjadi rutinitas yang secara pasti diagendakan oleh Dinkes.

Hal tersebut merupakan bagian dari tanggungjawab yang dilaksanakan Dinkes se Indonesia termasuk di Kabupaten Pulang Pisau.

Dengan demikian, tambah Mul, pelaksanaan imunisasi masyarakat itu wajib dilakukan Dinkes.

Sehingga sekarang tinggal menunggu kapan adanya instruksi pelaksanaan MR tersebut.

“Yang namanya imunisasi itu sudah tugas rutin Dinkes. Jadi bukan hanya dilakukan menunggu adanya satu kasus. Intinya kita terus melaksanakan agenda-agenda rutin, seperti imunisasi ini. Dan yang jelas kita menunggu petunjuk pusat saja,’’ ujarnya.

Lebih lanjut diungkapkan, semenjak adanya instruksi pusat terkait pelaksanaan vaksin MR, pihaknya juga mulai merancang kesiapan untuk dilaksanakan di Kabupaten Pulang Pisau.

Akan tetapi ketika adanya ketentuan yang didahului dari daerah Jawa, maka pelaksanaan di Pulang Pisau nantinya pada  tahun 2018 mendatang.

“Ini kan program pusat. Jadi kita di sini hanya melaksanakan saja. Kalau di daerah Pulang Pisau itu akan dilaksanakan tahun depan, berarti kita ikut instruksi itu saja kapan pelaksanaannya,’’ pungkasnya. (sgt/K-8)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.