Dinsos HSS Salurkan Program Rastra

ditulis pada 15 Mei 2017
PENYERAHAN - Bantuan rastra untuk masyarakat kurang beruntung di HSS tepatnya di Kecamatan Loksado. (KP/Ist)

PENYERAHAN – Bantuan rastra untuk masyarakat kurang beruntung di HSS tepatnya di Kecamatan Loksado. (KP/Ist)

Kandangan, KP – Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten HSS sudah mulai menyalurkan program beras sejahtera (Rastra) tahun 2017 untuk 13.835 rumah tangga sasaran penerima manfaat (RTSPM) yang tersebar di 11 Kecamatan di kabupaten HSS.

“Penyerahan bantuan Rastra ini merupakan penyerahan tahap pertama di tahun 2017, dimana setiap kepala keluaraga pra sejahtera berhak mendapatkan 15 Kg beras setiap bulannya yang diberikan berjenjang,” ungkap Kadis Sosial Hj Siti Erma.

Menurut Kadinsos HSS, Siti Erma, dari 13.835 RTSPM yang tersebar di 11 Kecamatan sampai saat ini sudah ada sembilan  kecamatan yang di distribusikan yaitu Kecamatan Kandangan, Telaga Langsat, Angkinang, Daha Utara, Daha Barat, Padang Batung, Sungai Raya, Kecamatan Daha Selatan dan loksado.

“Dua Kecamatan sisanya rencana lusa atau Senin nanti pendistribusiannnya sudah selesai,” ungkapnya.

“Rencana Senin depan tahap dua khusus wilayah Kecamatan Kandangan juga akan mulai di distribusikan,” imbuhnya.

Dijelaskan Erma, program Rastra ini, merupakan program pemerintah pusat. Namun penggratisan berasnya merupakan salah satu program Pemkab HSS atas dasar konsep untuk berbagi, sebagai wujud kepedulian dan perhatian pemerintah daerah, kepada masyarakat pra sejahtera di Kabupaten HSS.

“Per bulannya Rastra yang dibagikan total 207.525 Kg dan per tahunnya 2.490.300 Kg,” tuturnya.

Ditambahkan Erma, jumlah penerima Rastra di Kabupaten HSS tahun ini mengalami penurunan dibandingkan tahun 2016 tadi yang sudah ditetapkan Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI).

Pengurangan berlaku di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten/Kota se Kalimantan Selatan.

Tahun 2016 Pemkab HSS mendapatkan 15.372 RTSM, sedangkan tahun ini hanya 13.835 RTSPM. Sehingga sebelum pembagian Rastra, dilakukan verifikasi data oleh semua pihak terkait. Agar pendistribusiannya benar-benar tepat sasaran. (noi/K-6)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.