• Hari ini : Kamis, 18 Januari 2018

DIPA TA 2016 Diserahkan oleh Bupati HSS

Kandangan, KP – Penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA)  dan alokasi dana transfer ke daerah pada satuan kerja wilayah kerja   KPPN Barabai lingkup Kabupaten HSS serta DPA pemkab hss Tahun Anggaran 2016 kali ini diberikan secara simbolis oleh Bupati H Achmad Fikry,MAP. selasa (29/12) di pendopo kabupaten hss.

Turut hadir wakil bupati H Ardiansyah,S.Hut, ketua DPRD Syamsuri Arsyad, Kepala Kantor pelayanan perbendaharaan negara barabai Khairil Indra,  sekda H M Ideham,MAP,  forum koordinasi pimpinan daerah, ketua pengadilan negeri kandangan, SKPD, instansi vertikal.

Dalam laporan  Kepala Kantor pelayanan perbendaharaan negara barabai Khairil Indra
DIPA tahun anggaran 2016 yang akan diserahterimakan oleh Bupati secara simbolis kepada para kuasa pengguna anggaran pada hari ini sudah 100 % menggunakan nomenklatur struktur kabinet kerja di bawah pemerintahan bapak Ir H. Joko Widodo

DIPA TA 2016 yang diserahkan hari ini khusus untuk wilayah kerja KPPN Barabai (Kab HSS), dapat dilaporkan bahwa jumlah seluruhnya sebanyak 54 DIPA. dengan total pagu sebesar Rp 223,847,389,000 dengan rincian sbb :

satker vertikal kemnetrian / lembaga (kewenangan KD) sebesar Rp 208,186,626,000
SKPD dalam rangka tugas pembantuan (TP) sebesar Rp 15,660,763,000

pada kesempatan ini juga diserahkan Daftar Alokasi Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa sebagai dasar pelaksanaan APBD TA 2016 dengan rincian sbb:

dana transfer ke daerah dan dana desa sebesar Rp 1.475.405,29 juta yang terdiri dari dana transfer ke daerah sebesar Rp 1.388.042,15 juta dan dana desa sebesar Rp 87.363,77 juta.

jadi total alokasi anggaran DIPA Kementrian/lembaga, Dana Transfer ke daerah dan dana desa untuk kabupaten hss sebesar Rp 1.699.253,31 juta sesuai dengan arahan bapak presiden agar kita bekerja dengan cepat dan cerdas, penyerahan DIPA TA 2016 yang dilakukanpada akhir tahun 2015 ini sesuai dengan komitmen kami untuk menyediakan dan menyalurkan dana guna pembiayaan kegiatan sejak awal tahun 2016 nanti.

pada tahun 2016, alokasi untuk transfer ke daerah dan dana desa meningkat secara signifikan, yang diharapkan dapat mendorong dan mempercepat pembangunan di daerah sebagaimana semangat nawacita ketiga yaitu membangun indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah -daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

pada tahun 2016 juga dilakukan penguatan kebijakan transfer ke daerah dan dana desa antara lain dengan meningkatkan  pagu alokasi dana insentif daerah (DID) untuk memberikan reward kepada daerah yang mempunyai kinerja yang baik.

Dalam sambutannya bupati H Achmad Fikry mengatakan penyerahan dipa ini  dilaksanakan satu bulan lebih awal sebelum anggaran tahun 2016 dimulai, agar penggunaan anggaran dapat di mulai tepat pada waktunya. dengan demikian seluruh satuan kerja dapat segera melaksanakan rencana-rencana yang sudah ditetapkan dalam dipa sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.
mengingat besarnya dana apbn yang nantinya diserahkan, diharapkan agar kita semua dapat menggunakannya secara tepat dan benar. sehingga target yang ingin dicapai dapat terlaksana sesuai dengan yang kita harapkan.

selain penyerahan dipa kepada satker, juga pada hari ini telah diserahkan dpa secara simbolis kepada skpd, yang bersumber dari apbd kabupaten hulu sungai selatan tahun 2016. yang mana apbd tersebut telah ditetapkan sejak tanggal 12 oktober 2015. dimana hal tersebut merupakan yang paling awal di provinsi kalimantan selatan.

tentunya ini berkat kerjasama yang baik antara pemerintah daerah dengan dprd. dengan harapan agar berbagai program dan kegiatan di tahun 2016 dapat dilaksanakan sesegera mungkin. sehingga pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan dengan baik sbagaimana harapan kita.

akhirnya, dengan penyerahan dipa dan dpa tahun anggaran 2016 yang kita laksanakan hari ini diharapkan dapat menjadi awal yang baik bagi pelaksanakan kegiatan untuk tahun anggaran 2016. mari kita bersama – sama menyatukan tekad dan menyamakan langkah guna terwujudnya kabupaten hulu sungai selatan yang sejahtera, agamis dan produktif.

untuk diketahui, sebelumnya penandatanganan fakta integritas secara simbolis oleh kepala KPPN Barabai yang disaksikan oleh Bupati dan Ketua DPRD KAB hss. penyerahan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) APBN dan dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) APBD serta penyerahan piagam penghargaan untuk dua kategori dalam pengelolaan keuangan oleh Bupati HSS yang disaksikan oleh kepala KPPN barabai dan ketua DPRD.

untuk DIPA APBN secara simbolis diserahkan kepada Kejaksaan Negeri Kandangan, Polres HSS, Pengadilan Negeri Kandangan, Kantor Kementrian Agama kab hss, dinas pertanian, tanaman pangan dan hortikultura, dinas kependudukan dan pencatatan sipil kab hss. untuk DPA APBD secara simbolis diserahkan kepada DPPKAD, Inspektorat, BKD, Dilate, Badan penyuluh ketahanan pangan, Dina LH, kecamatan kalumpang. (noi/K-6)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua