• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Disdik Balangan Tetap Fokus Hadapi UN 2017

KUKUHKAN - Bupati Balangan H Ansharuddin kukuhkan kepengurusan Ormas Bersatu kabupaten Balangan, belum lama tadi, di Aula Benteng Tundakan kantor Setdakab setempat. (Net)
KUKUHKAN – Bupati Balangan H Ansharuddin kukuhkan kepengurusan Ormas Bersatu
kabupaten Balangan, belum lama tadi, di Aula Benteng Tundakan kantor Setdakab setempat. (Net)

Paringin, KP – Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan tetap fokus dengan persiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017, sambil menunggu petunjuk teknis atau prosedur operasional standar (POS) penyelenggaraan Ujian Nasional (UN) tahun 2017.

Hal ini menyusul tidak disetujuinya rencana penghapusan UN dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) oleh Presiden Joko Widodo.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Balangan, Sulaiman Kurdi mengatakan, sekolah di Balangan siap melaksanakan UN 2017. Bahkan, meskipun Mendikbud merencanakan penghapusan UN, sekolah tetap melakukan persiapan. Karena belum ada keputusan resmi terkait rencana penghapusan UN tersebut.

Sekarang kita menunggu petunjuk teknis atau prosedur operasional standar (POS) untuk UN tahun depan, ujar dia, belum lama tadi.
Sambil menunggu petunjuk teknis pelaksanaan tersebut sekolah dan Dinas Pendidikan terus melakukan persiapan pelaksanaan UN atau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Tiap sekolah, kata dia, sudah mulai melakukan pendalaman materi pelajaran yang masuk UN/UNBK kepada siswa kelas akhir.
Diketahui, ada tujuh sekolah yang akan melaksanakan UNBK ditahun 2017 nanti, ini mengalami menambahkan jumlah dari tahun sebelumnya yang hanya lima sekolah.

Adapun ketujuh sekolah tersebut adalah SMAN 2 Paringin, SMKN 1 Paringin, SMKN 1 Batumandi, SMAN 1 Awayan, SMAN 1 Paringin, SMPN 4 Paringin, dan SMAN 1 Paringin.

Diakui Sulaiman Kurdi, pihaknya tidak ambil pusing tentang diberlakukannya UNBK atau tidak, pihaknya tetap fokus untuk mempersiapkan UNBK.

“Kitakan belum menerima informasi lebih lanjut soal wacana itu, meski demikian saya meminta sekolah fokus lakukan persiapan mulai sekarang, agar nan* *dak kelabakan,” ujarnya.

Disinggung sekolah yang akan melaksanakan UNBK, dia menyatakan memang ada penambahan jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK dari tahun sebelumnya yakni ada tujuh sekolah.

“Penentuan sekolah yang melaksanakan UNBK ditahun ini masih wewenang kabupaten, tapi tahun nanti dari 1 Januari 2017 menjadi wewenang provinsi untuk penetapan SMA/SMK yang melaksanakan UNBK.

Kalau SD dan SMP tetap masih dibawah wewenang kabupaten,” imbuhnya.

Plt Disdik Sulaiman Kurdi meminta kepada pihak sekolah agar tetap fokus memberikan motivasi dan semangat kepada siswa terlepas dari wacana ada atau tiadanya UN/UNBK 2017 nanti. (jun/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua