• Hari ini : Kamis, 26 April 2018

Disdik Resmian SMP Gratis Alzamzami Banjarmasin

SEKOLAH GRATIS - Kepala Disdik Kota Banjarmasin, Drs H Murlan saat meresmikian sekolah swasta SMP gratis Alzamzami didampingi Ketua Drs H Yuherli dan disaksikan para undangan lainnya, Kamis (4/8). (KP/Narti)
SEKOLAH GRATIS – Kepala Disdik Kota Banjarmasin, Drs H Murlan saat meresmikian sekolah swasta SMP gratis Alzamzami didampingi Ketua Drs H Yuherli dan disaksikan para undangan lainnya, Kamis (4/8). (KP/Narti)

Banjarmasin, KP – Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin meresmikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) gratis Alzamzami yang didirikan Yasayan Permata Harapan Banua (YPHB), dan sengaja diperuntukan khusus bagi masyarakat kurang mampu di kawasan Kecamatan Banjarmasin Utara.

Sekolah swasta SMP gratis Alzamzami yang dibangun di samping Borneo Futsal Banjarmasin, terletak di Jalan HKSN Komplek AMD Permai, Kelurahan Alalak Utara, Kecamatan Banjarmasin utara ini didirikan sejak 1 Februari 2014.

Ketua YPHB, Drs H Yuherli, mengatakan, SMP Alzamzami ini diperuntukkan bagi masyarakat kurang mampu yang ada di kawasan Kecamatan Banjarmasin Utara. “Sekolah ini memang benar-benar gratis bagi siswa bahkan mendapatkan sepatu, celana dan baju, sampai SPP dan buku,’’ ujar Ketua YPHB Drs H Yuherli disela  peresmian pembukaan gedung baru SMP Alzamzami, di Banjarmasin, Kamis (4/8).

Jadi, katanya, sekarang ini jumlah siswa sebanyak 85 orang, kebanyakan warga sekitar kawasan Kecamatan Banjarmasin Utara. Seperti ruang kelas VII ada sebanyak 30 orang, Kelas VIII sebanyak 45 orang dan kelas IX sebanyak 10 orang.

“ Sekolah ini memprioritaskan kepada orang tidak mampu, bagi siswa mendaftar akan di survei terlebih dahulu layak atau tidaknya, kalau memang layak akan diterima,’’ jelasnya.

Bahkan, katanya, yayasan tidak hanya menangani SMP tapi juga TK Alzamzami dilokasi yang sama didirikan tahun 2011, dengan jumlah murid sebanyak 40 orang semua gratis. Selain itu juga ada program beasiswa kepada anak-anak yang kuliah ada sebanyak 24 orang, yang lulus 6 orang dan yang mengikuti S2 sebanyak 2 orang. “ Sekolah ini memang ada bantuan dari pemerintah untuk SMP Alzamzami
berupa dana BOS sejak tahun 2015,’’ ujarnya.

Kepala SMP Alzamzami, Syamsudin mengatakan, minat masyarakat untuk mendaftar masuk ke SMP Alzamzami sangat banyak, namun harus diseleksi dulu untuk tahun 2016-2017 ini ada 85 siswa. Sementara ini masih menggunakan 4 ruang kelas, rencananya hari ini diresmikan gedung baru dilokasi yang sama. “Pada awalnya siswa kami hanya 12 orang, sekarang sudah menjadi 85 siswa dengan 12 tenaga guru honor yang digaji YPHB,’’ ujarnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, Drs H Murlan, mengatakan, dengan dibukanya tirai SMP Alzamzami maka resmi beroperasional melakukan pembelajaran kepada anak didiknya. “Saya rasa ini sangat baik dalam membantu pendidikan di masyarakat, agar jangan ada lagi anak tidak bersekolah,’’ ujarnya. (vin/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua