• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Disdukcapil Komitmen Beri Layanan Terbaik

PEMBINA APEL -  Kadis Dukcapil Safrin Noor selaku pembina apel gabungan lingkup Pemkab Banjar. (Istimewa)
PEMBINA APEL – Kadis Dukcapil Safrin Noor selaku pembina apel gabungan lingkup Pemkab Banjar. (Istimewa)

Martapura, KP – Kepala Dinas Dukcapil Safrin Noor menjelaskan, pihaknya berkomitmen selalu memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang memerlukan Kartu Keluarga, Akta Kelahiran, KTP/e-KTP dan administrasi kependudukan lainnya.

“ Disdukcapil Banjar bekerja lebih keras melayani kepentingan masyarakat, termasuk perangkat di kecamatan, desa dan kelurahan yang juga turut membantu, mengingat terus bertambahnya penduduk secara signifikan di Kabupaten Banjar setiap tahunnya,’’ katanya ketika selaku pembina apel gabungan lingkup Pemkab Banjar, Senin (31/10).

Merespon banyaknya kendala dalam pelaksanaan e-KTP, lanjut Safrin, pemerintah telah mengantisipasinya dengan membuat beberapa aturan, yaitu Permendagri 2/2016 tentang kartu identitas anak, Permendagri 8/2016 tentang perubahan kedua atas Permendagri 9/2011 tentang pedoman penertiban kartu tanda penduduk berbasis Nomor Induk Kependudukan secara Nasional dan Permendagri 9/2016 tentang pencepatan peningkatan cakupan kepemilikan akta kelahiran.

“Peraturan–peraturan ini sangat berdampak langsung bagi pengelola dan masyarakat di Kabupaten Banjar,’’ jelasnya.

Diantaranya, penerbitan akte kelahiran di Kabupaten Banjar telah dilaksanakan dengan pelayanan berbasis aplikasi online sejak pertengahan 2014. Dengan arti kata, pemohon akte kelahiran dapat dilakukan dimana saja, sepanjang telah memenuhi persyaratan dan dapat terhubung ke server Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) melalui jaringan internet sebagaimana sudah diterapkan beberapa waktu lalu pada RSUD Ratu Zalecha Martapura dan Puskesmas Kecamatan Pengaron. (wan/K-5)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua