• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Disdukcapil Sudah Terbitkan 302.840 Keping E-KTP

PEREKAMAN E-KTP - Perekaman e-KTP, Disdukcapil Banjar sudah terbitkan 302.840 keping. (Istimewa)
PEREKAMAN E-KTP – Perekaman e-KTP, Disdukcapil Banjar sudah terbitkan 302.840 keping. (Istimewa)

Martapura, KP – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Safrin Noor mengatakan, pihaknya sudah menerbitkan 302.840 keping kartu tanda penduduk (KTP) eletronik di Kabupaten Banjar.

“Dan sisanya masih dalam proses perekaman,’’ tandasnya, kemarin.
Dia mengatakan, jumlah penduduk di Kabupaten Banjar yang wajib memiliki KTP sebanyak 391.508 orang dan yang sudah melakukan perekaman sebanyak 341.823 orang.

Sementara, jumlah penduduk secara keseluruhan di Kabupaten Banjar yang memiliki ketunggalan identitas dan telah diakui pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri sebanyak 537.893 jiwa.

“Kami terus menghimbau masyarakat yang belum melakukan perekaman data untuk segera merekam di kecamatan sehingga KTP elektroniknya bisa cepat dicetak,’’ ucapnya.

Dijelaskannya, perekaman data KTP elektronik diserahkan ke kecamatan yang akan memberikan surat rekomendasi ke Disdukcapil guna memproses pencetakan kartu identitas tersebut.

“Jika masyarakat sudah melakukan perekaman data dan seluruh datanya dinilai valid, maka KTP elektronik akan dicetak tanpa dikenakan biaya atau gratis,’’ ungkapnya.

Ditambahkannya, dokumen lain yang juga diterbitkan pihaknya yakni Kutipan Akte Kelahiran bagi anak usia 0 sampai dengan 18 tahun yang diterbitkan bagi 113.316 jiwa. “Jumlah anak yang dilahirkan sejak usia 0 hingga 18 tahun tetapi masih belum memiliki akte sebanyak 185.395 jiwa, dan sudah dicetak 113.316 jiwa atau 61,12 persen,’’ ujarnya.

Pihaknya, lanjut Safrin, terus berupaya meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan kependudukan bagi masyarakat sesuai aturan dan ketentuan berlaku.

“Sepanjang persyaratan lengkap, maka prosesnya bisa cepat hingga sampai penerbitan kartu atau akte,’’ tandasnya. (wan/K-5)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua