• Hari ini : Kamis, 18 Januari 2018

Disdukcapil Tanbu Laksanakan Sidang Isbat Nikah

KADIS DUKCAPIL TANBU - H.M. Hanafiah membuka pelaksanaan Sidang Isbat Nikah di Kecamatan Simpang Empat, Kamis (15/12) lalu. (KP/Ist)
KADIS DUKCAPIL TANBU – H.M. Hanafiah membuka pelaksanaan Sidang Isbat Nikah di Kecamatan Simpang Empat, Kamis (15/12) lalu. (KP/Ist)

Batulicin,KP – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Tanah Bumbu (Disdukcapil Tanbu) laksanakan Sidang Isbat Nikah atau Pengesahan Nikah Massal  pada Kamis pekan tadi.

Sidang Isbat nikah masal ini dilAksanakan di Aula Kantor Camat Simpang Empat dengandi ikuti 40 pasangan dari berbagai tempat di kabupaten Tanbu.

Kepala Dinas Dukcapil Tanbu H.M. Hanafiah mengatakan, dilaksanakanya sidang isbat nikah dilatarbelakangi masih adanya masyarakat Tanbu yang belum tercatat status pernikahan oleh Negara meski dalam agama status pernikahanya sah secara hukum agama.

“Dengan adanya kegiatan Sidang Isbat Nikah ini maka status perkawinanya tercatat secara negara, dan kepada pasangan suami isteri akan menerima Buku Nikah sehingga mempermudah dalam membuat akta kelahiran anak dan dokumen-dokumen kependudukan lainnya,” ujar Hanafiah.

Pemerintah Kab. Tanbu lajutnya, tahun 2016 telah melaksanakan Sidang Isbat Nikah sebanyak dua kali. Sidang isbat pertama dilaksanakan di Kecamatan Kusan Hulu dengan  peserta 50 pasangan, dan kedua dilaksanakan di Kecamatan Simpang Empat dengan jumlah peserta 40 pasangan. Pemerintah daerah sangat peduli dengan masyarakatnya.

Hal itu ditunjukan dengan dianggarkannya dana untuk kegiatan Sidang Isbat Nikah, sehingga pada pelaksanaan Sidang Isbat Nikah tidak dipungut biaya atau gratis.

“Sidang Isbat Nikah ini dilaksanakan oleh Disdukcapil bekerjasama dengan Pengadilan Agama Batulicin, Kementerian Agama Tanah Bumbu dan Pemerintah Kecamatan Simpang Empat,” tandasnya. (han)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua