• Hari ini : Kamis, 24 Mei 2018
  • 28 C

Dispora Gelar Pelatihan Senam Khas Banjar

Banjarmasin, KP – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kota Banjarmasin, menggelar ;Kegiatan Pengembangan Olahraga Pendidikan’’, Pelatihan Senam Khas Banjarmasin, Angkatan Pertama, Senin dan Selasa (14-15/5) di Siring Rumah Anno 1928 Jl Tendean Banjarmasin.

Kadispora Banjarmasin, AN Jaya menjelaskan kegiatan pelatihan untuk lebih memasyarakatkan olahraga senam khas di kota Banjarmasin, sehingga bisa lebih berkembang dan dicintai oleh masyarakat.

Melalui pelatihan ini kita harapkan para peserta dapat mengaplikasikannya di lingkungan tempat tinggalnya, sehingga warga kota lebih mengetahui bahwa kita juga memiliki olahraga senam khas Kota Banjarmasin yang tidak kalah indah dan menariknya dari drnsm derupa asal daerah lain, kata Kadispora AN Jaya.

Panitia pelaksana, Hj Fatimah Adam melaporkan, kegiatan pelatihan angkatan pertama tersebut, selain diikuti guru-guru tingkat SLTA, SMP, guru-guru SD dan TK, juga diikuti utusan dari organisasi olahraga, seperti KONI (Komite Olahraga Nasional Indonesia), anggota FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia).

Rencananya kegiatan ini akan berlangsung dalam tiga angkatan, tiap angkatan akan diikuti sekitar 100 orang peserta, dari tiga angkatan tersebut nantinya akan ada 300 pelatih Senam Khas Banjarmasin, yang diharapkan dapat mengaktualisasikannya di masyarakat, baik di lingkungan sekolah bagi guru-guru, juga untuk anggota organisasi masing-masing untuk utusan dari FORMI dan KONI, tandas Fatimah.

Sementara pengurus Formi Banjarmasin, Lies Pribadi Yanti yang juga Ketua ILDI (UIkatan Langkah dansa Indonesia) Kota Banjarmasin, sebagai salah satu narasumber mengaku sangat senang dengan adanya program olahraga pendidikan yang digelar Dispora Kota berupa pelatihan Senam Khas Banjarmasin.

‘’Kegiatan seperti ini sangat strategis untuk lebih memasyarakatkan olahraga Senam Khas Banjarmasin, gerakan-gerakannya yang atraktif tetapi memiliki keindahan yang artistic, ditunjang dengan iringan musik melantunkan lagu khas Banjar, seperti Baras Kuning, Ampar-ampar pisang dan Saputangan Babuncu Ampat, benar-benar kental dengan nuansa budaya Banjar yang tidak kalah menarik dengan khas dari daerah lain,’’ tandas Lies Pribadi. (nfr/k-9)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua