• Hari ini : Minggu, 19 Agustus 2018

Distan Pulpis Jadwalkan Panen Raya di Desa Blanti Siam

PULANG PISAU, KP – Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) Kalimantan Tengah (Kalteng) dijadwalkan akan melakukan Panen Raya di Desa Blanti Siam Kecamatan Pandih Batu pada tanggal 15 Agustus 2018 mendatang. Panen Raya direncanakan akan dihadiri oleh Menteri Pertanian (Mentan) Ripublik Indonesia (RI), Amran Sulaiman

Kepala Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Pulang Pisau, Ir Slamet Untung Riayanto, Kamis (9/8) kemarin mengatakan, sesuai agenda Panen Raya Lahan Padi menuju Organik akan dilaksanakan di Desa Blanti Siam Kecamatan Pandih Batu pada tanggal 15 Agustus 2018 mendatang, yang rencananya akan dihadiri oleh Menteri Pertanian Ripublik Indonesia, bapak Amran Sulaiman.

Menurutnya, pada tahun ini panen raya ini akan dilaksanakan pada lahan seluas 1.150 hektar yang berada di Desa Blanti Siam. Rata-rata per hektar kata Slamet, bisa menghasilkan gabah sebesar 6 ton, kalau biasa 4 sampai 5 ton per hektar. Tetapi melalui perlakuan lahan ornagik ini, bisa menghasilkan gabah 5 sampai dengan 6 ton per hektar.

” Artinya, melalui perlakuan lahan organik, panen pada tahun ini mengalami peningkatan kurang lebih 1 ton per hektar, ” kata Slamet

Untuk penerapan lahan organik lanjutnya, Dinas Pertanian Kabupaten Pulang Pisau pada tahun 2018 ini telah menyiapkan lahan catak sawah seluas 100 di Desa Pangkoh Hilir. Menurutnya, ini akan menjadi projek percontohan lahan padi organik di Kabupaten Pulang Pisau.

” Harapan kita, program ini bisa meningkatkan hasil panen padi, sehingga target swasembada padi di Kabupaten Pulang Pisau tercapai dengan baik, ” pungkasnya (sgt/k-8)

loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua