• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

Donor Darah HUT KONI 370 orang

Ketum KONI, H Bambang Heri Purnama, Waketum HM Welny dan Sekum KONI, Sarmidi M.Kes, menyaksikan kegiatan donor darah, Kamis kemarin.
Ketum KONI, H Bambang Heri Purnama, Waketum HM Welny dan Sekum KONI, Sarmidi M.Kes, menyaksikan kegiatan donor darah, Kamis kemarin.

Banjarmasin, KP – Pendonor darah  alam rangka memeringati Hari Ulang Tahun (HUT) Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) ke-78 di GOR Hasanuddin HM.Kamis (3/11) kemarin, Sangat membludak mencapai 370 orang dan terkumpul 370 kantong darah berbagai golongan.

Ketua Umum KONI Kalsel H Bambang Heri Purnama, didampingi Waketum HM Welny dan Sekum KONI H Sarmidi M.Kes, dan ketua pelaksana HA Hadimi, menjelaskan kepada wartawan disela menyaksikan kegiatan donor darah tersebut.

para peserta didominasi atlet dan pelatih serta pengurus Pengprov Cabor, organisasi social seperti BPK, dan masyarakat umum berrbagai profesi.

‘’Jumlah pendonor sangat luar biasa, kita sempat khawatir kalau pesertanya sedikit. Dengan demikian kegiatan yang didukung PMI Kalsel dan PMI Kota Banjarmasin tersebutm mencapai hasil yang sangat memuaskan,’’ jelas Bambang.

Seandainya semua calon pendonor semuanya lolos pemeriksaan kesehatan, maka jumlah kantong yang terkumpul lebih dari 500, karena ada sekitar 185 calon donor yang ditolak, karena masalah kesehatan, tambahnya.

Menurut Ketua Umum KONI Kalsel Bambang Heri Purnama meski saat ini stok darah yang dimiliki PMI terbilang cukup , tapi donor darah masih terus dibutuhkan, pasalnya kebutuhan akan darah masih tetap ada untuk keperluan orang sakit atau memerlukan bantuan dan lain sebagainya..

“Kegiatan sosial donor darah ini sengaja kita gelar untuk memeriahkan HUT KONI ke-78. Mudahan, apa yang dilakukan ini bisa membantu masyarakat dan memenuhi stok darah di Kalsel,” ucap Bambang.

Bambang dan Welny serta Sarmidi dan HA Hadimi yang mentau kegiatan hingga selesai pada sore hari.

Menilai kegiatan ini berjalan dengan lancar, bahkan para pendonor yang datang pun cukup banyak diluar dugaan awal sehingga para petugas pun kewalahan.

“Kami sangat berterima kasih kepada masyarakat yang sudah antusias mau berbagi darah dengan masyarakat yang memang sangat memerlukan transpusi darah,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Sekretaris PMI Kalsel Ir H Fachruddin MAP, juga turun langsung mengatur anggota-anggotanya dalam melaksanakan tugas, sehingga semuanya bias berjalan lancar dan tertib.

Meskipun beberapa calon pendonor sempat kesal, karena antiran untuk mendapatkan pemeriksaan sangat panjang. Namun karena untuk menjadi pendonor bukan hal mudah, maka mereka harus bersabar menunggu.

‘’Petugas PMI tidak boleh sembarangan dalam melakukan pemeriksaan terhadap calon pendonos, mereka harus benar-benar teliti dalam melakukan pemeriksaan kesehatan, karena kesalahan sekecil apapun bias berakibat fatal,’’ jelas Fachruddin, yang mantan Kepala Badan Kesbangpol Linmas dan Kepala Biro Umum Pemprov Kalsel ini.

Dalam rangkaian HUT KONI ke 78, jajaran pengurus KONI Kalsel juga akkan melakukan ziarah ke makam Ketua Umum KONI Kalsel HA Sulaiman HB (alm), Syachril Darham dan Gt Hasan Aman. Dilaksanakan MInggu (6/11) lusa. (k-9)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua