• Hari ini : Sabtu, 21 Juli 2018

Dorong Pengembangan Pisang Kepok

Wakil Bupati Saidi Mansyur saat menanam bibit tanaman perkebunan. Dia pun mendorong pengembangan bibit pisang kepok di Kabupaten Banjar.

Martapura, KP – Wakil Bupati Saidi Mansyur mendorong pengembangan bibit pisang kepok, sehingga mampu meningkatkan produksi buah yang disebut masyarakat Banjar pisang “menurun’’ tersebut.

“Kami minta pengembangan bibit pisang terus dilakukan melalui berbagai metode, sehingga bisa meningkatkan produksi dan kesejahteraan masyarakat,’’ tandasnya, kemarin.

Dijelaskan Wabup Saidi, dia sendiri sudah melihat langsung proses pembibitan pisang tersebut.

Pembibitan dilakukan secara detil dan cermat, mulai proses menumbuhkan tunas dari secuil kecil bonggol pisang di ruang laboratorium, hingga masuk tahap penanaman bibit.

“Pengembangan bibit pisang kepok yang dilakukan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) sangat bagus sebagai upaya meningkatkan produksi pisang,’’ katanya,

Diungkapkannya, beberapa tahun lalu Kabupaten Banjar terkenal sebagai sentra penghasil pisang dan produksinya cukup melimpah, sehingga pisang kepok Banjar dikirim hingga ke Pulau Jawa.

“Keberhasilan menjadi sentra pisang, harus bisa dikembalikan dan pembibitan ini merupakan salah satu cara agar penanaman dan produksinya bisa meningkat,’’ ucapnya.

Kadis TPH Muhammad Fachry menambahkan, hasil pengembangan bibit pisang kepok untuk sementara memenuhi permintaan Dinas TPH Kalsel yang menyalurkan kepada kelompok tani berbadan hukum.

“Petani yang menerima bantuan bibit pisang kepok termasuk petani di Kabupaten Banjar, mendapat jatah 50 hektare untuk ditanami pisang dan jeruk,’’ tandasnya.

Dikatakannya, permintaan bibit pisang kepok dari Dinas TPH Kalsel sangat tinggi, tetapi karena keterbatasan sarana dan prasarana, peralatan hingga SDM, membuat produksinya terbatas. (wan/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua