DPRD Kalsel Monitor E-KTP Batola

ditulis pada 2 Oktober 2017

SUASANA – Monitoring E-KTP oleh Komisi I DPRD Kalsel di Kabupaten Batola.

Marabahan, KP – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan monitoring penyelenggaraan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) di Kabupaten Barito Kuala (Batola).

Hal tersebut dilakukan guna menyerap informasi mengenai pelaksanaan pelayanan pembuatan KTP-el dari Kabupaten/Kota yang dikunjungi terutama kendala-kendala yang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten.

“Kami telah melaksanakan monitoring ke beberapa Kabupaten/Kota, dan berbagai informasi telah kami peroleh” kata H. Syahdillah, yang merupakan Ketua Komisi I sekaligus pimpinan rombongan.

Menurutnya, monitoring ini dilakukan karena banyaknya keluhan dari masyarakat mengenai pembuatan KTP-el ini sehingga dirasa perlunya menyerap informasi dari penyelenggara agar dapat dijadikan sebagai bahan masukan yang akan dibawa ke Pemerintah Pusat yaitu Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dari kunjungan tersebut terungkap bahwa Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Batola telah berusaha dengan berbagai inovasinya demi kelancaran pelayanan KTP-el tersebut.

“Kami sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, memberikan bintek kepada aparatur, jemput bola kelapangan serta penyediaan kelengkapan pelayanan,” kata Jakuinudin Kepala Disdukcapil Batola.

Kendala yang ada yaitu kesadaran masyarakat sendiri yang harus ditingkatkan akan pentingnya dokumen kependudukan sehingga bisa meluangkan waktu untuk melakukan perekaman.

Selain itu, ketersediaan blangko serta tinta dan film untuk mencetak KTP-el yang sampai saat ini masih dilakukan oleh Pemerintah Pusat sehingga jika kehabisan pihaknya pun tidak mampu berbuat apa-apa.

“Kami hanya bisa memberikan surat keterangan pengganti KTP-el sesuai surat edaran Mendagri 471.13/2051/DUKCAPIL,” ungkapnya.

Ditambahkan oleh Tuyatno Sekretaris Disdukcapil Kab.Batola, selain itu peralatan yang kami gunakan mulai tahun 2012 merupakan peralatan yang sudah pernah dipakai oleh daerah lain pada tahun sebelumnya sehingga bisa dikatakan peralatan tersebut tidak dalam kondisi baru atau 100 persen.

Dalam membaca sambutan Bupati Batola, Wakil Bupati H. Ma’mun Kaderi mengucapkan selamat datang di Kota Marabahan, ibukotanya Kabupaten Barito Kuala.

“Kehadiran Bapak/Ibu sekalian selain memberikan kebanggaan dan kebahagiaan bagi kami juga sebagai momen untuk mempererat hubungan kekeluargaan, kerjasama dan kemitraan.
Semoga semakin menambah keharmonisan sekaligus menguatkan sinergitas sebagai
bentuk upaya kita bersama untuk mewujudkan kemajuan pembangunan daerah”, tutup Ma’mun. (ang/K-6)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.