• Hari ini : Jumat, 22 Juni 2018

DPRD Kotabaru Desak SOPD Maksimalkan Kinerja

DPRD KOTABARU. (Dok)

Kotabaru, KP – Jelang ahir tahun 2017, DPRD Kabupaten Kotabaru, mendesak kepada seluruh Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) menggenjot dan memaksimalkan kinerja mereka masing-masing.

Penegasan tersebut disampaikan Ketua Komisi III DPRD Kotabaru, Denny Hendro K sehubungan masih adanya beberapa SOPD yang serapan anggaran baru sekitar 13 persen.

“Padahal tahun anggaran 2017 kurang dua bulan lagi, tapi masih ada SOPD yang serapan anggarannya baru sekitar 13 persen, yakni Dinas Bina Marga ( PU ). Alasan dorongan, atau desakan yang dilakukan, agar dimaksimalkan kinerja kepada Bina Marga, karena sebagai mitra kerja Komisi III, hal serupa juga disampaikan kepada SOPD lain yang juga merupakan mitra kerja pada Pemerintahan Kabupaten Kotabaru.

Agak lebih baik, Dinas Cipta Karya Kotabaru yang per Oktober serapan anggaran sekitar 30 persen, dan legislatif mengapresiasi sekaligus menyemengati agar lebih optimal“. Kata Denny selasa 31/10.

Lebih lanjut diungkapkan, “Dari hasil rapat koordinasi dengan sejumlah SOPD yang menjadi mitra kerja Komisi III beberapa waktu lalu, diketahui sebagian dinas yang masih minim serapan anggaran karena menyangkut hal teknis.

Maksudnya sejumlah dinas ,seperti Cipta Karya, itu jenis pekerjaannya bersifat fisik, sehingga pencairannya sangat terpengaruh dengan capaian kerja pelaksana proyek. Lazimnya pekerjaan proyek infrastruktur, pencairan biasanya dilakukan secara berkala sesuai dengan capaian termin pekerjaan.

Sehingga, kondisi dan keadaan saat ini memang masih kecil serapan anggaran, tapi bersamaan dengan tuntasnya pekerjaan sesuai dengan jadwal pekerjaan, biasanya menjelang akhir tahun anggaran, tiba-tiba bisa langsung besar serapannya. Karenanya, Dewan tetap optimis, capaian kinerja terhadap sejumlah SOPD khususnya mitra kerja Komisi III, akan maksimal dan bisa sesuai dengan yang diharapkan hingga akhir tahun anggaran“. Harap Denny.

Meski demikian, pihaknya juga mengingatkan kepada masing-masing pihak ( para kepala dinas), agar terus berusaha keras memantau dan meningkatkan pengawasan atas kinerja personil di bawahnya.

Hal senada disampaikan Ketua DPRD Kotabaru Hj Alfisah, dalam sidang paripurna dengan agenda penyampaian akhir terhadap RAPBD Perubahan 2017, mengatakan, agar eksekutif memaksimalkan serapan anggaran pada APBD dan APBD Perubahan 2017 melalui program-program kerja yang dijalankan.

Penegasan tersebut disampaikan ketua Dewan, “Mengingat dalam beberapa tahun terakhir terjadi Silpa yang relatif besar dalam setiap akhir tahun anggaran, karenanya, perlu kerja keras dan maksimal di setiap Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) dalam menjalankan program kerjanya“. Tekan Alfisah. (and/K-6)

 

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua