• Hari ini : Rabu, 24 Januari 2018

DPU Kapuas Gelar Lomba Kebersihan Lingkungan

Sekretaris Daerah Kapuas Rianova menyerahkan hadiah kepada para juara lomba kebersihan lingkungan tingkat sekolah dasar.
Sekretaris Daerah Kapuas Rianova menyerahkan hadiah kepada para juara lomba kebersihan lingkungan tingkat sekolah dasar.

Kuala Kapuas, KP – Dinas Pekerjaan Umum menggelar lomba kebersihan lingkungan tingkat RT dan tingkat sekolah dasar. Dalam lomba itu, SDN 2 Selat Tengah berhasil merebut juara pertama dengan memperoleh nilai 660,90.

Sedangkan juara dua diraih oleh SDN Katolik Santo Paulus dan juara tiga diraih oleh SD Muhamadiyah Kuala Kapuas. Adapun tingkat RT juara pertama diraih oleh rukun tetangga 18 Kelurahan Selat Dalam, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas dengan memperoleh nilai 515,50.

Adapun juara dua diraih oleh RT 08 A Kelurahan Selat Hulu memperoleh nilai 473,80 dan juara tiga diraih oleh RT 07 RW 03 Kelurahan Selat Utara yang mengantongi nilai 465,50. Atas raihan nilai tertinggi itu maka RT 18 Kelurahan Selat Dalam berhak membawa pulang piala tetap dari Bupati Kapuas dan juga hadiah menarik lainnya.

Penyerahan hadiah kepada para juara dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kapuas yang juga Plt Kepala Dinas PU Kapuas Rianova di halaman Kantor Dinas Pekerjaan Umum Kapuas, Senin (19/12) pagi.

Hadir pula saat penyerahan hadiah tersebut Camat Selat Abdul Hamid dan Kepala Badan Lingkungan Hidup Kapuas Saleh Makki.

Sekretaris panitia lomba kebersihan lingkungan RT dan sekolah tahun 2016 Heni Tersawati mengungkapkan, dilaksanakannya lomba kebersihan lingkungan bertujuan untuk meningkatkan kebersihan kota menuju ‘Kapuas Barasih’.

“Dengan adanya lomba ini, kita berharap dapat memicu masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan,’’ katanya.

Sedangkan lomba kebersihan sekolah tingkat SD bertujuan untuk membiasakan anak membuang sampah pada tempatnya. Dengan adanya kebiasaan buang sampah pada tempatnya, diharapkan dapat tertanam di diri anak sejak usia dini.

Kemudian sekolah yang bersih dan sehat akan menjadi pendukung utama bagi anak-anak dalam belajar. Karena dengan lingkungan yang bersih dan nyaman, akan membuat anak betah dan senang belajar.

“Semoga hal ini akan mampu menjadi dukungan dalam hal pencetakan generasi muda calon penerus bangsa yang pintar dan berkualitas,’’ harap Heni.

Bagian Perencanaan Tekhnis Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Pekerjaan Umum Kapuas itu juga berharap, peserta lomba kebersihan agar terus menjaga kebersihan lingkungannya. Kemudian untuk masyarakat diharapkan tidak membuang sampah sembarangan tapi buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan. (Al/K-8)

Tag:,
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua