• Hari ini : Rabu, 18 Juli 2018

dr Siti Wasilah Minta Naga Terpilih Harus Cerdas dan Punya Nilai Tambah

Hal-13 Lensa Kota Bjm 1 ---- 6 klm (tinggi 10 cm).jpg

Banjarmasin, KP – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Banjarmasin dr Siti Wasilah saat menjadi juri Nanang dan Galuh (Naga) Banjar tahun 2016 tak ingin asal-asalan, yang akan terpilih Naga Banjar kedepan harus cerdas dan mampu mengemukakan pendapat serta mempunyai nilai tambah dan banyak ide.

Bahkan istri Walikota Ibnu Sina yang juga merupakan dokter dan dosen ULM ini berharap duta wisata Kalsel nantinya harus bisa mengemukakan pemikiran dan ide-ide dalam mengembangan wisata Kota Banjarmasin.

“Kita mulai awal harus sangat selektif sehingga dia pun sengaja menggali lebih dalam terkait pengetahuan umum serta kecerdasan individual untuk membuka inovasi baru dalam mengembangkan pariwisata kota seribu sungai,’’ kata dr Siti Wasilah usai tes wawancara Naga Banjarmasin, Selasa (23/8).

Bahkan, katanya, Naga ke depan disamping cerdas juga memiliki ide-ide baru khususnya yang menyangkut kebudayaan dan pariwisata Banjarmasin, ujar Siti Wasilah yang juga aktivis PKS Kalsel ini.

Jadi, katanya, modal utama para Naga tidak cukup hanya mempunyai Beauty, Behaviour, Brain & Brave atau kecantikan fisik, berahlak, otak yang cerdas dan berani. Namun, juga kreatif serta berani berinovasi terutama dalam mengangkat kebudayaan dan pariwisata Banjarmasin.

“Saya ingin para Naga tahun ini mempunyai kelebihan dari Naga sebelumnya. Mereka paling tidak harus mempunyai ide-ide baru untuk pengembangan pariwisata di kota ini. Dan yang terpenting mereka juga harus mempunyai B4 atau Beauty, Behaviour, Brain & Brave,’’ katanya.

Ia juga  mengatakan, Naga harus seimbang dari berbagai sisi. Secara fisik, tutur dia harus cakep dan cantik. Secara akhlak dia mempesona dan santun. Secara otak dia mengagumkan. Dan, tambah lagi, ia juga berani dan heroik.

Wasilah sendiri menilai, kemampuan para peserta Naga tahun 2016 secara umum standar. Kalaupun ada mempunyai kelebihan, dia menyebut ada satu dua orang.

“Paling tidak mereka harus mendapat tempat yang bagus,’’ katanya.

Sementara, 113 peserta Naga telah yang lulus tes administrasi dapat langsung melakukan tes wawancara dengan empat juri. Pada kesempatan itu, peserta juga diberi arahan, khususnya menyangkut busana apabila mereka lolos di semi final. Jumlah peserta terus diseleksi hingga mengerucut menjadi 48 pasangan, kemudian 24 pasangan hingga akhirnya masuk grand final pada 4 September mendatang.

Sedangkan Kabid Kebudayaan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin Dra Hj Helda Ellystia menambahkan, dari 113 peserta akan dipilih sebanyak 48 orang atau 24 pasang Naga yang akan masuk semi final.

“Yang masuk semi final, akan dikarantina Hotel Rodita. Semi final akan dilaksanakan 27 Agustus 2016,’’ katanya.

Nanti, lanjut Helda, dari hasil semi final akan diambil 12 pasang terbaik untuk menuju grand final. Grand final akan dilaksanakan pada 4 September 2016.

“Rencananya grand final akan kita laksanakan di Grand Palace Mitra Plaza Banjarmasin,’’ paparnya. (vin/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua