Dukcapil Tegaskan e-KTP Yang Lama Otomatis Berlaku Seumur Hidup

ditulis pada 3 Juni 2017
Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo menerima kunjungan kerja Mission Derector USAID Indonesia, Erin Mckee di ruang rapat bupati, kunjungan tersebut dalam rangka membahas program kerja USAID Lestari di Kabupaten Pulang Pisau.

Bupati Pulang Pisau H Edy Pratowo menerima kunjungan kerja Mission Derector USAID Indonesia, Erin Mckee di ruang rapat bupati, kunjungan tersebut dalam rangka membahas program kerja USAID Lestari di Kabupaten Pulang Pisau.

Pulang Pisau, KP – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Pulang Pisau Subagio, melalui Kepala Bidang Pendaftaran dan Mutasi Kependudukan Muhamad Efendi menegaskan bahwa Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) yang masih ada batas waktu masa berlakunya secara otomatis berlaku seumur hidup tanpa perlu diperbaharui atau pun dilampirkan surat keterangan.

Hal ini sesuai dengan surat edaran menteri dalam negeri (Mendagri) Surat Edaran Nomor 470/295/SJ tanggal 29 Januari 2016 perihal KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, ditujukan kepada para Menteri Kabinet Kerja dan para pimpinan lembaga non kementerian serta Surat Edaran Nomor 470/296/SJ tanggal 29 Januari 2016 perihal KTP Elektronik (KTP-el) Berlaku Seumur Hidup, ditujukan kepada para Gubernur dan Bupati/Walikota seluruh Indonesia.Kedua surat edaran tersebut merupakan tindak lanjut atas berlakunya Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.

Ditegaskan Efendi dalam surat edaran tersebut dijelaskan bahwa e-KTP yang masih ada tertera masa berlakunya secara otomatis berlaku seumur hidup. Permintaan penggantian atau pencetakan e-KTP hanya dilayani kalau fisik e-KTP mengalami kerusakan atau ada perubahan alamat atau data lainnya.

“Otomatis berlaku seumur hidup, jadi warga tidak perlu memperbaharui lagi. Karena blanko e-KTP terbatas, jadi kita hanya mencetak untuk warga yang sudah melakukan perekaman tetapi e-KTP nya belum dicetak,’’ kata Efendi saat dikonfirmasi Kp kemarini.

Menurut Efendi, pihaknya sudah mengirimkan surat pemberitahuan dilampiri surat edaran Mendagri tersebut kepada seluruh instansi pemerintah dan swasta agar warga tidak dipersulit urusannya hanya gara-gara di e-KTP yang dimiliki ada tertera masa berlakunya.

“Melalui surat edaran yang sudah kita kirimkan, warga yang akan mengurus adminitrasi tidak lagi di persulit gara-gara masa berlaku e-KTP sudah habis,’’ pungkasnya. (sgt/K-8)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.