• Hari ini : Minggu, 19 Agustus 2018

EKONOMI KONSUMEN DI KALTENG MEMBAIK

Kepala BPS Hanif Yahya

PALANGKA RAYA, KP — Membaiknya kondisi ekonomi konsume triwulan II didorong pendapatan kini dengan nilai 126,86, dan tingkat kosumsi dengan indek 120,97, dan pengaruh inflasi terhadap kosumsi dengan indek 108,38.

Karena itu pihaknya memperkirakan ITK Kalteng pada triwulan III nanti sebesar 106,66 artinya kondisi ekonomi konsumen diperkirakan akan mengalami peningkatan.

Peningkatan dimaksud dipicu oleh meningkatnya pendapatan rumah tangga dengan nilai indek 104,74, dan pembelian barang tahan lama dengan indek 110,01.

Dijelaskan Indek Tendensi Konsumen (ITK) adalah indikator perkembangan konsumen terkini yang dihasilkan BPS melalui Survei Tendensi Konsumen merupakan indek yang menggambarkan kondisi ekonomi konsumen triwulan berjalan dan perkiraan triwulan berikutnya.

Responden sampel dilakukan secara panel antar triwulan untuk memperoleh gambaran yang akurat mengenai perubahan persepsi konsumen antar waktu.

Responden STK dipilih pada strata blok sensus kategori sedang dan tinggi berdasarkan wealth indek dan merupakan sub sampel dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) khusus di perkotaan.

Untuk kawasan regional Kalimantan, ITK Kalteng berada pada urutan ke 2 setelah Kalimantan Barat dengan angka 117,22. Kalsel berada pada urutan ke 4 dengan ITK 122,32 dan Kaltim diurutan ke 3 dengan ITK 119,44. (drt/k-8).

loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua