• Hari ini : Senin, 22 Januari 2018

Festival Tanglong Jukung Hias Meriah

hal-13-foto-1-35-klm-tinggi-10-cm-jpg

Banjarmasin, KP – Meskipun dibarengi hujan rintik-rintik tetapi tak mengurangi antusiasme warga Banjarmasin untuk menyaksikan festival tanglong dan jukung hias “Kemilau Banjarmasin Bungas” dalam rangkai kegiatan hari jadi ke-490 Kota Banjarmasin Sabtu (24/9) malam.

Dari pantauan wartawan sekitar 20.000 ribu warga Banjarmasin bahkan dari berbagai daerah termasuk luar kota hingga turis asing sejak sore mulai menyerbu Siring Sungai Martapura yang jadi pusat kegiatan.

Malah semua jalan dari berbagai penjuru macet total. Begitu juga Jalan Veteran dan Jalan Brigjen H Hasan dan Jalan S Parman pun terlihat padat merayap dan memakan waktu dua jam untuk bisa menuju tepian Sungai Martapura Banjarmasin.

“Tujuannya ingin melihat kesemarakkan hari jadi Kota Banjarmasin sama pacar mas. Event seperti ini sering-sering saja digelar biar Kota Banjarmasin selalu ramai,’’ ujar Arif salah satu mahasiswa Unlam yang datang bersama rombongannya dari Kapuas , Kalimantan Tengah.

Meski gerimis, masyarakat tetap berbondong-bondong datang ke Siring Sungai Martapura untuk menyaksikan Festival Tanglong dan Jukung Hias. Pemandangan indah memang tersaji di Sungai Martapura.

Puluhan jukung hias dengan lampu warna-warni mampu membuat Sungai Martapura malam ini menjadi berwarna.

Masyarakat pun terlihat memadati Jembatan Merdeka yang malam ini memang sengaja ditutup.

Siring Sungai Martapura pun tampak penuh oleh masyarakat yang menyaksikan festival jukung hias ini.

Gelaran acara Festival Tanglong dan Jukung Hias jadi ajang memperkuat ciri khas Banjarmasin sebagai Kota Seribu Sungai.

Sebagaimana dijelaskan Kabid Kebudayaan Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Kota Banjarmasin, Dra Hj Helda Ellystia bahwa lomba jukung hias adalah puncak Festival Kemilau Banjarmasin Bungas.

Acara dilaksanakan di Sungai Martapura atau kawasan Siring Piere Tendean Banjarmasin dan ditutup dengan kemeriahan pesta kembang api.

“Alhamdulillah kegiatan pucak Peringatan Hari Jadi Kota Banjarmasin Festival Tanglong dan Jukung Hias hingga kegiatan hiburan sudah dilaksanakan dengan baik dan lancar. Hal ini membuktikan semua warga Banjarmasin sangat peduli dan cinta Banjarmasin untuk bersama-sama menyelenggarakan kegiatan akbar ini,’’ ungkap Walikota Ibnu Sina di sela-sela puncak Festival Kemilau Banjarmasin Bungas bersama pucuk pimpinan yang tergabung Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Sabtu malam.

Mantan anggota DPRD Kalsel yang didampingi istrinya dr Siti Wasilah juga mendukung sepenuhnya hiburan masyarakat yang harus dilestarikan.

Karena puncak Festival Kemilau Banjarmasin Bungas bukan saja memamerkan jukung hias tetapi juga menjadi ajang kreaktivitas masyarakat Banjarmasin yang tentunya perlu dilestarikan dengan anekab pameran jukung, naga, ikan dan bentuk ternak lainnya.

Even tahunan yang menyedot masyarakat ini diantaranya mulai festival jukung hias, tanglong, ditambah panggung hiburan, pagelaran seni dan musik semakin meriah manakala Wakil Walikota Hermansyah yang didampingi istrinya Hj Siti Fatimah juga Sekdako Drs H Hamli Kursani ikut naik pangung bergoget bersama mengibur masyarakat.

Kasubdin Pariwisata Kota Banjarmasin Dra Hj Helda Ellystia Helda mengatakan, even tahunan itu sengaja mengambil tempat di kawasan sungai. Selain menguatkan ikon kota seribu sungai, juga memiliki pesan menanamkan budaya cinta sungai.

Ia mengklaim, kegiatan tersebut bukan milik Pemko Banjarmasin melainkan sebagai pesta rakyat, dan rakyat bebas dan terbuka untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. (vin/K-5)

Tag:,
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua