• Hari ini : Jumat, 19 Januari 2018

Fokus Bangun Karakter Bangsa

IRUP – Wabup Batola H Ma’mun Kaderi bertindak selaku Inspektur Upacara, pada peringatan ke-55 Hari Pramuka tahun 2016 di Batola, bertempat di Bumi Perkemahan Bina Anak Bangsa Danda Jaya, Kecamatan Rantau Badauh. (KP/dok)
IRUP – Wabup Batola H Ma’mun Kaderi bertindak selaku Inspektur Upacara, pada peringatan ke-55 Hari Pramuka tahun 2016 di Batola, bertempat di Bumi Perkemahan Bina Anak Bangsa Danda Jaya, Kecamatan Rantau Badauh.
(KP/dok)

Marabahan, KP – Pembangunan karakter menjadi fokus bangsa Indonesia saat ini dan akan datang. Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), harus sejalan dengan pembangunan fisik karena kunci keberhasilan pembangunan bangsa, terletak pada SDM yang berkualitas.

Demikian diutarakan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka DR Adhyaksa Dault SH Msi, yang disampaikan Wakil Bupati Barito Kuala (Batola) H Ma’mun Kaderi, selaku Ketua Kwarcab Pramuka Batola pada Upacara Peringatan ke-55 Hari Pramuka tahun 2016 di Batola, yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Bina Anak Bangsa Danda Jaya, Kecamatan Rantau Badauh, Sabtu (17/9).

“Saya berharap betul kepada seluruh jajaran pramuka, utamanya angggota dewasa baik sebagai majelis pembimbing, andalan, pelatih, pembina, pamong saka maupun infrastruktur untuk merapatkan barisan, bekerjasama secara sinergis untuk mempercepat perwujudan kaum muda Indonesia yang berkepribadian baik, berkarakter, berwatak handal dalam berpikir dan bertindak serta memiliki jiwa bela negara berdasarkan nilai-nilai universal yang terkandung dalam Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka,’’ tutur Adhyaksa.

Untuk mencapai visi gerakan pramuka, lanjutnya, masih harus bekerja keras dan perlu banyak menjalin kerjasama dengan berbagai stakeholders, baik dengan pemerintah dunia usaha maupun masyarakat. Lebih lanjut Adhyaksa mengutarakan, pendidikan kepramukaan sebagai salah satu pilar pendidikan kaum muda, dituntut dapat lebih berkontribusi secara nyata dalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam menyelesaikan masalah kaum muda. “Kita ingin membangun manusia yang memiliki karakter, serta membangun bangsa yang memiliki watak yang kuat.

Bukan saja yang menguasai ilmu pengetahuan akan tetapi tanggung jawab dan berkepribadian, luhur budi pekerti, menjunjung tinggi kesatuan dan persatuan,’’ katanya. Oleh karenanya, sebut mantan Menteri Pemuda dan Olahraga di era Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu, gerakan pramuka masih relevan dengan perkembangan zaman.

“Pramuka itu keren, gembira, asyik dan menyenangkan harus terus kita kembangkan secara terus menerus, sehingga kaum muda bangsa menjadi pramuka,’’ tuturnya. Upacara Peringatan ke-55 Hari Pramuka Tahun 2016 di Batola ini, juga dihadiri Sekdakab Batola Ir H Supriyono, para kepala SKPD dan guru-guru se Batola. (adv/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua