FORNAS IV Banjarmasin Harapkan Sukses Penyelenggaraan dan Pertanggungjawaban

ditulis pada 20 September 2017

Rapat Pleno Persiapan Fornas IV digelar di Hotel Grand Mentari Banjarmasin,Senin (18/9)

BANJARMASIN, KP -Sebagai langkah persiapan menjadi tuan rumah penyelenggara Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) di Banjarmasin Kalimantan Selatan 2017, sejumlah Pengurus Provinsi Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kalimantan Selatan dan Pengurus Induk Organisasi Provinsi Kalimantan Selatan yang mewakili cabang olahraga pada FORNAS IV di Banjarmasin, menggelar rapat Pleno di Hotel Grand Mentari Banjarmasin,Senin malam (18/9)

Dalam Rapat Pleno yang dihadiri Ketua Umum Formi Nasional, Hayono Isman, didampingi Kadispora (Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga) Kalsel diwakili Kabid Pembudayaan, Yuyu Rahmad Maulana, dan Ketua Formi Kalsel Hj RR Artuty Ramlan, Panppel Hj Galoeh Nisya Basoeni, dibahas berbagai hal yang berkaitan dengan kesiapan pelaksanaan kegiatan,mulai dari masalah teknis, perlengkapan, venue (tempat pertandingan),hingga hal-hal yang berkaitan dengan akomudasi dan transfortasi, juga masalah keamanan.

Pelaksanaan event Fornas yang dijadwalkan pada 20-24 Oktober 2017 di halaman gubernuran dan Siring Jl Sudirman, Siring Tendean dan beberapa lokasi lainnya, seperti stadion pelajar Mulawarman, semuanya dalam kota Banjarmasin ini, akan diikuti kontingen dari seluruh Nusantara, bahkan ada peserta yang hadir dari negara tetangga ya’ni Malaysia,Brunai Darussalam dan Filipina.

Ada tiga puluh jenis permainan cabang olahraga rekreasi masyarakat yang dipertandingkan pada Festival yang dilaksanakan Forminas, Formi Kalsel Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Kalsel itu diantaranya, 1.Benjang.2 Egrang, 3 Terompah Panjang, 4 Dagongan, 5 Hadang/Asinan, 6 Sumpit, 7 Panahan Tradisional.8 Ketapel, 9, Balogo, 10.Bagasing, 11. Bola Sundul, 12.Sepeda tua (Onthel) 13.Layang-layang, 14 Tonis, 15. Silat Budaya (APPBSI), 16.Pencak Silat Seni (IPSI), 17 PLBSI (Persatuan Liong Dan Barongsai Seluruh Indonesia), 18.Senam Kreasi, Senam Zumba,Senam Aerobic, Senam Sehat Bugar Gembira, Senam Jantung Sehat, Senam Osteoporosis, Senam Asma, Senam Tera, Senam Porpi, 19. Lnagkah dansa Indonesia, 20.Inline Skate, 21 Parkour, 22 Panco, 23 Air Soft Gun, 24 B Boy, 25. BMX, 26. ASSI (Assosiasi Street Soccer Seluruh Indonesia). 27.
Beboy Inlineskate, 28. Layang-layang, 29. Baigal Japin, 30.Panco.

Bangsa Berbudaya

Ketua Umum Pengurus Pusat FORMI,Hayono Isman, mengatakan,bangsa Indonesia dari berbagai daerah dan provinsi akan berkumpul untuk memperkuat silaturohim bersama-sama menyatakan bahwa kita siap menjadi bangsa yang sehat bugar gembira, apapun masalah kita Apakah itu di keluarga di rumah di lingkungan RT di kota,di provinsi di negara bahkan di dunia sekalipun.

“Bagi keluarga besar kita harus senantiasa apapun persoalan yang kita hadapi itu adalah cara kita yang terbaik untuk memberikan rasa hormat dan syukur,” ucap Hayono Isman kepada wartawan disela rapat pleno.

Hayono menambahkan,sebagai bangsa yang berbudaya dan bermartabat sudah sepatutnya kita menunjukkan nilai nilai positif.

“Tunjukkan nilai -nilai prestasi di segala bidang termasuk di bidang olahraga,kalau kita Terpuruk di Seagemes Kuala Lumpur yang lalu, itu satu hal yang wajar karena pengertian olahraga di kalangan masyarakat itu masih relatif rendah dan tidak terarah,” ungkapnya.

Ketua Umum Formi Kalsel,Artuti Ramlan mengharapkan pelaksanaan Festival yang kesiapannya sudah mencapai 90 persen dan hanya menyisakan waktu satu bulan lagi itu,bisa berjalan lancar dan sukses.

“Mungkin kalau sekarang persiapan even nasional Fornas di Banjarmasin Kalsel bisa dikatakan sudah 90 persen,mohon do’anya agar pelaksanaan Festival ini bisa berjalan dengan baik dan sukses, baik sukses penyelenggaraannya,sukses prestasinya maupun sukses pertanggungjawabannya,” ucap Artuti Ramlan.(rel/k-9)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.