• Hari ini : Minggu, 27 Mei 2018
  • 28 C

Fraksi Sarankan Masukan Masyarakat Dalam Pembuatan Perda

SUASANA – Rapat paripurna dewan HSU. (KP/Novendra )

Amuntai, KP – Fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) menyambut baik diajukan dua Raperda tentang pembentukan sebuah Perda.

Terkait dengan pembentukan Perda tersebut, fraksi dewan menyarankan agar dalam Raperda tentang pembentukan Perda dibuat bagaimana agar masyarakat dapat berpartisipasi dalam pembentukan Perda tersebut.

Hal itu sebagaimana yang disampaikan Fraksi Partai Kebangkitan Bansa (PKB) dalam sidang Paripurna beberapa waktu lalu. Fraksi PKB dan fraksi lainnya menyambut baik adanya Raperda tersebut. PKB menyarankan agar dimasukannya peraturan masyarakat ikutil berpartisipasi.

Lisdawati selaku juru biacara PKB menilai untuk memudahkan masyarakat dalam memberikan masukan secara lisan atau tertulis sebagaimana setiap Rancangan Perda harus bisa diakses oleh masyarakat.

Terkait dengan saran fraksi tersebut, Wakil Bupati (wabup) H Husairi Andi Lc dalam sidang paripurna penyampaian jawaban Pemerintah Daerah (Pemda) sependapat dengan adanya usulan partisipasi masyarakat.

“Kami sependapat terhadap adanya partisi masyarakat dalam pembentukan peraturan daerah,” ungkap Husairi dalam sidang paripurna yang dipimpin Ketua DPRD HSU H Sahrujani, beberapa waktu lalu.

Wabup juga menyampaikan terimakasih atas dukungan dan masukan-masukan yang disampaikan oleh fraksi dewan DPRD terkait dua buah raperda tersebut.

“Segala dukungan dan apresiasi yang diberikan merupakan wujud dan kesepahaman kita akan pentingnya 2 buah raperda ini untuk ditetapkan menjadi peraturan daerah nantinya,”, lanjut Husairi.

Pada prinsipnya sependapat apabila ketentuan mengenai adanya keterlibatan masyarakat dalam setiap pembentukan peraturan daerah. Dan mengenai hal lainnya akan bicarakan lebih lanjut dalam rapat kerja yang akan datang, sehingga dapat diskusikan mengenai ketentuan partisipasi masyarakat ini, lanjut Husairi. (nov/K-6)

 

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua