• Hari ini : Senin, 23 April 2018

Gagal Panen, Pemkab Siap Bantu 30 Persen

KEMARAU – Berdampak terjadinya gagal panen. (KP/Net)
KEMARAU – Berdampak terjadinya gagal panen. (KP/Net)

Tanjung, KP – Keseriusan pemerintah Kabupaten Tabalong untuk menjadikan Kabupaten Tabalong yang sejahtera banyak melakukan perbaikna pelayanan diberbagai sector, tidak terkecuali sector pertanian, hingga jika para petani yang terjadi gagal panen karena factor alam pemkab akan siap membantu hingga 30 persen dari kerugian.

Hal itu, diungkapkan Bupati Tabalong Drs H Anang Syakhfiani M.Si, di hadapan sejumlah petani dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) saat menghadiri gerakan panen perdana dua kali tanam padi varietas inpari dan ciherang belum lama tadi di Desa Paliat Kecamatan Kelua Kabupaten Tabalong.

Menurut Anang, sebagai pemerintah Kabupaten Tabalong pihaknya sangat memapresiasi akan kegiatan gerakan panen perdana dua kali tanam padi varietas inpari dan ciherang ini, “sebagai pemerintah Kabupaten Tabalong saya mengucapkan terimakasih kepada masyarakat dan kelompok tani Desa Paliat Kecamatan Kelua yang sudah membuka wawasan dengan bantuan para penyuluh  pertanian wilayah selatan,” ujarnya.

“Dengan terbukanya wawasan kegiatan gerakan panen perdana dua kali tanam padi varietas inpari dan ciherang ini, diharapkan bisa mensukseskan gerakan panen  dua kali tanam yang tersebar di lahan warga seluas 20 hektar,” harap Anang.

Disebutkan Anang, Pemerintah Kabupaten Tabalong berjanji akan terus memberikan bantuan sesuai yang diperlukan oleh para petani, “pemerintah Kabupaten Tabalong berjanji akan terus memberikan bantuan baik itu bantuan penyuluhan, peralatan, bahkan bantuan benih  jika panen tersebut gagal,” ujarnya.

“Kalau gagal akibat bencana alam seperti kebanjiran, kekeringan Pemkab Tabalong siap bantu minimal 30%  benih. Tapi, alhamdulillah dua tahun ini tidak benyak yang mengalami kegagalan tanam di Tabalong,” sebut Bupati Tabalong ini.

Selain Bupati Tabalong juga turut hadir beberpa unsur FKPD Kabupaten Tabalong diantaranya Komandan Kodim 1008/Tanjung Letkol Arm Krisna Anang, kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabalong dan sejumlah undangan lainnya.

Dalam kesempatan itu, Dandim 1008 Tanjung Letkol Arm Krisna Anang mengatakan, sangat menyambut baik dengan adanya gerakan dua kali tanam ini. “Saya sangat mendukung adanya kegiatan gerakan dua kali tanam ini, sehingga dengan kurun waktu yang tidak terlalu lama ini Indonesia dapat mengembalikan harakat dan martabat bangsa sebagai negara pengasil terbesar beras di Asean dengan swasembada pangan nasional,” ujarnya.

“Kami siap mendukung program dari Bupati dan Wakil Bupati dalam mewujudkan Kabupaten Tabalong yang mandiri melalui peningkatan kemampuan pemerintah dan masyarakat serta dunia usaha untuk melaksanakan pembangunan bagi peningkatan kesejahteraan rakyat,” sebut Dandim 1008 Tanjung ini.

Selain mengadakan pertemuan dan dialog dengan sejumlah petani hari itu, di sela acara juga dilakukan penyerahan  secara simbolis asuransi pertanian kepada sejumlah ketua kelompok tani. Salah satunya untuk penanganan bencana gagal panen. Sehingga para petani tidak mengalami kerugian, karena wilayah selatan merupakan wilayah rendah dan rawan banjir yang ada di Kabupaten Tabalong. (ros/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua