• Hari ini : Senin, 11 Desember 2017

GAPKINDO Gerakan Bokar Bersih Untungkan Petani

GERAKAN BOKAR BERSIH – Gapkindo Kalsel Andreas mengeluhkan masih banyaknya petani lokal yang kurang bagusnya dalam mengolah karet alamnya, kelompok tani asal Pulang Pisau ketika melakukan kunjungan di Pabrik Insan Bonafide. (KP/Hifni)

Banjarmasin, KP – Gapkindo Kalsel kembali mensosialisasiakan gerakan bokar (bahan olah karet) bersih kepada sejumlah petani dan kelompok tani karet asal Pulang Pisau Kalteng dalam kunjungannya di pabrik pengolahan karet alam PT Insan Bonafide Jalan Barito Ilir.

Ketua GAPKINDO (Gabungan Pengusaha Karet Indonesia) Kalsel, Andreas yang juga sebagai pimpinan di PT Insan Bonafide menjelaskan, memperlhatkan kepada tamunya bagaimana karet yang tidak berkualitas dijual petani harus dibersihkan kembali sebelum dilakukan proses impor kemanca negara.

Untuk itu ia terus melakukan gerakan bokar bersih jangan lagi karet direndam diair yang menyebabkan bau dan dikeluhkan lingkungan sekitar.

Disebutkan, mutu karet alam Kalsel masih kalah bagus dengan Negara Vietnam, Thailand dan Malaysia,karena petani sendiri kurang menjaga mutu karet yang disadap.

Ketika menjual karet masih ada batu, sendal jepit, ratik kayu serta tali rapia yang diduga dengan sengaja dicampur untuk memberatkan timbangan, padahal cara-cara seperti ini sangat merugikan petani sendiri dan para pengusaha eksportir Kalsel.

Dengan kecurangan yang dilakukan petani seperti ini akibatnya petani sendiri yang rugi harga karet menjadi murah selain pabrik yang kembali harus melakukan pembersihan seperti loundry pabrik ini jadinya karena menerima karet yang rendah mutunya.

Dikatakan untuk menjaga karet tetap berkualitas ketika sudah melakukan penyadapan perlakukan karet yang benar agar harga jualnya bisa tinggi.

“ Selama ini masyarakat hanya menyalahkan bahwa pabrik karet bau padahal yang menyebabkan pencemaran karet bau itu petani karet sendiri karena cara mengolahnya tidak benar,” tegas mantan petinju ini.

“Nah, jika mereka terus menjual karetnya dibawah standart SIR maka secara otomatis dimintakan dinas dan aparat terkait untuk bisa bertindak tegas agar ada efek jera ini demi meningkat mutu karet banua kita lebih baik dimata International, karena ketika mereka membeli sehelai rambut aja ada benang atau bekas tali rapia mereka langsung melakukan komplin produk kita ini yang harus kita jaga dengan gerakan bokar bersih.’’tambahnya.

Disebutkan, gerakan Nasional Bokar bersih beberapa tahun yang lalu pernah dilakukan di Palangkaraya Kalteng sebagai tuan rumah gerakan ini.

“ Kita mengharapkan, agar pedagang serta pengumpul bisa menerima dan mematuhi peraturan yang ada karena ini sudah menyangkut hasil yang akan dipasarkan,” jelasnya.

“ Kami masih optimis, puncak kejayaan harga karet alam beberapa tahun lalu akan kembali seperti dulu hingga bisa terus terdongkrak naik pada tahun 2017 ini hingga 1,5 dollar AS perkilo gramnya,” sebut Achai.

Kelompok Tani Usaha Manuntung Jaya Pulang Pisau, Suwarno menjelaskan, dikelompoknya tani karetnya sudah 4 tahun lalu terus gencarkan gerakan bokar bersih karena ini menguntungkan para petani.

“ Memang merubah pola pikir sebelumnya ada kendala kami telah mendapat pelatihan gerakan bokar bersih, dan hari ini petani kami ajak ke pabrik Insan Bonafide melihat langsung proses pengolahan karet hingga bisa diimport,” lanjutnya.

Saat ini harga jual karet sangat bagus jika dibanding beberapa waktu yang lalu dihargai Rp7500 per kilo yang dijual kepengumpul namun jika dijual kepabrik bisa dibeli seharga Rp12500,- per kilonya. (hif/K-7)

%d blogger menyukai ini: