• Hari ini : Jumat, 19 Januari 2018

Gema Syurga Hantarkan Bidan Mursidah Ke Jakarta

Bidan Mursidah,Am.Keb didampingi kadiskes HSS dr Siti Zainab saat minta restu di ruang kerja bupati HSS H Achmad Fikry. (KP/Norda Simah)
Bidan Mursidah,Am.Keb didampingi kadiskes HSS dr Siti Zainab saat minta restu di ruang kerja bupati HSS H Achmad Fikry. (KP/Norda Simah)

Kandangan, KP – Berkat inovasi Gema Syurga (Gerakan Menanam Sayur Untuk Keluarga) “Melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari” menghantarkan Mursidah,Am.Keb bidan desa  Paring Agung kecamatan Sungai Raya mewakili Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti Lomba Tenaga Kesehatan Teladan Tingkat Nasional tahun 2016.

Mursidah terpilih mewakili Kalsel setelah sebelumnya mengikuti Lomba Tenaga Kesehatan Teladan tingkat Kabupaten dan Provinsi Kalsel tahun 2016. Di tahun 2016 ini, Mursidah mengikuti Lomba Tenaga Kesehatan Teladan dengan membawa program Gema Syurga (Gerakan Menanam Sayur Untuk Keluarga) “Melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari” sebagai salah satu inovasi.

Sebelum keberangkatannya menuju Jakarta pada 14 sd 21 Agustus mendatang. ia terlebih dahulu memohon doa dan restu pada Bupati H Achmad Fikry. Dan kedatangan bidan Mursidah didampingi oleh kepala dinas  kesehatan dr Siti Zainab. Di ruang kerja bupati HSS, Selasa (2/8).

Menurut bidan Mursidah, inovasi yang menghantarkannya mengikuti lomba bidan teladan merupakan Gerakan menanam sayur untuk keluarga tersebut sudah ada mulai tahun 2013. Kemudian di tahun 2014, dari Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) yang dimasukan menjadi Kawasan Rumah Pangan Lestari.  Kemudian di tingkat Kabupaten, telah bekerjasama dengan  Badan Penyuluhan dan ketahanan Pangan Kabupaten HSS dan penyuluh di kecamatan membina Beliau.

Dimana Mursidah mempunyai suatu kelompok tani yang bergerak untuk menanam sayur di halaman rumah untuk kesehatan gizi keluarga. Yang pertama dilaksanakan pada tahun 2013 berjumlah 20 buah rumah untuk melaksanakan Gema Syurga, kemudian  pada tahun 2014 meningkat menjadi 30 buah rumah, di RT 1 sebanyak 23 buah rumah dan di RT 2  sebanyak 7 buah. Kemudian mendapatkan penerima manfaat dari kawasan rumah pangan lestari oleh Badan Ketahanan Pangan Provinsi Kalsel menerima bantuan sebanyak Rp. 47 juta untuk meningkatkan Gema Syurga melalui program kawasan rumah pangan lestari.

Kemudian pada tahun 2014 juga mendapatkan penghargaan untuk penerima manfaat KRPL dari Bupati HSS sebagai pembina terbaik P2KP untuk HSS. Di tahun 2015 dilanjutkan kembali. Di tahun 2016, mengikuti tenaga kesehatan teladan dengan membawa program gema syurga sebagai salah satu inovasi.

Sementara itu, bupati H Achmad Fikry mengucapkan Selamat terpilih sebagai tenaga kesehatan teladan yang mewakili provinsi kalsel untuk mengikuti lomba tenaga kesehatan teladan 2016. Ini menjadi kebanggaan bagi hss karena sudah membawa nama baik hss tingkat provinsi kalsel kemudian ke tingkat nasional.

Diharapkan selama mengikuti lomba agar bisa berbaur, bersilaturahmi dengan para peserta dari sluruh indonesia untuk mengambil kelebihan-kelebihan dan menyerap informasi dari mereka dan yang dimiliki dari daerah lain yang bisa di adopsi untuk kabupaten hss.

Nanti setelah mengikuti lomba tenaga kesehatan teladan agar memberikan ilmu pengetahuannya kepada para bidan yang ada di kabupaten hss. Agar tahun dapan siap kader yang mewakili kab hss.
Kepada dinas kesehatan, bupati mengharpakna agar bisa memberikan reward atau penghargaan karena sudah membawa nama baik hss seperti dipermudah pendidikannya. (noi/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua