• Hari ini : Kamis, 18 Januari 2018

Gembong Curanmor Ketangkap setelah 17 Kali Beraksi

10-3-klm-35-cm-gembong

Palangka Raya, KP – Gembong pencurian kendaraan bermotor (curanmor) ketangkap setelah 17 kali beraksi.

Terungkap gembong curanmor, kini dijebloskan dalam penjara Polsek Pahandut, bermula dari Bima Yoga Haswiyanto (23), warga yang tinggal di barak, Jalan G Obos XIII, Palangka Raya.

Pelaku spesialis curanmor ini sebenarnya selalu berhasil dalam aksinya bersama Kardiman alias Amang Opak (46), penghuni barak di Jalan Ir Sukarno.

Modal mereka hanya sebuah kunci T, mencari motor yang diparkir di teras rumah, kemudian menggondol hingga ke tempat barakan mereka.

Kapolres Palangka Raya AKBP Lili Warli, Senin (26/12) mengatakan, semua bermula pada Minggu (25/12) sekitar pukul 20.00 WIB, Bima membantu memarkir motor di Gereja Katholik, Jalan Tjilik Riwut Km 1, Palangka Raya.

Kemudian, Bima menerima telepon dari Kardiman bahwa banyak pesanan sepeda motor plus langsung mengajaknya mencuri.

Kardiman berjanji menjemput Bima di Jalan G Obos XIII sekitar pukul 03.00 WIB.

Setelah itu, keduanya mengitari seputar Jalan Temanggung Tilung. Begitu masuk Tilung 1, mereka melihat motor Yamaha Jupiter MX KH 6874 TA terparkir di teras rumah warga bernama Sukamto (28).

Bima lalu turun mengeksekusi motor tersebut. Sedangkan Kardiman mengawasi sekitar TKP.

Kemudian beraksi lagi ke tempat Kardiman, ia mencuci motor Beatnya, sedangkan Bima keluar untuk membeli rokok di dekat Bundaran Burung, Jalan RT A Milono.

Disitulah aksinya terbongkar. Sukamto mengenali motornya yang dipakai Bima. Sukamto menghampiri dibantu warga lalu mengamankan Bima. Tak lama berselang, buru sergap datang ke lokasi.

Buser lalu melakukan pengembangan. Ketika didatangi dikediaman Kardiman, rupanya dia sudah kabur. Bima sendiri kemudian mencoba melarikan diri hingga anggota terpaksa melumpuhkan dengan timah panas.

Sementara Kardiman, kabur dibantu Adnan (25) warga Jalan Mendawai. Anggota terus melakukan pengejaran dan berhasil diringkus keduanya di Tumbang Talaken, Kabupaten Gunung Mas pada hari yang sama, pukul 14.00 WIB.

“Barang bukti yang kita amankan ada empat unit sepeda motor, 12 pasang plat nopol ranmor hasil curian, satu pasang kunci T, satu kunci pas, satu obeng kembang dan bermacam tebeng ranmor,’’ ucap Lili Warli didampingi Waka Polres Kompol Bambang, Kabag Ops Kompol Agus, Kapolsek Pahandut AKP Ani Maryani dan Kanit Reskrim Ipda Jaka Waluya di Polsek Pahandut.

Selama beraksi sejak Juli 2016, Bima dan Kardiman berhasil mencuri 17 motor dari 17 TKP. Namun baru tujuh yang diketahui. (net/K-4)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua