Gerak Jalan Perlu Wadah Khusus Untuk Pembinaan

ditulis pada 12 Agustus 2017

Sarmidi M.Kes melepas peserta jarak 8 km

Banjarmasin, KP – Gerak jalan sangat strategis untuk menamkan sikap kedisiplinan bagi para pelajar dan generasi muda. Animo peserta juga cukup tinggi, terutama untuk kelompok jarak 8 Km dan 17 Km, namun untuk kelompok bergengsi jarak 45 km selalu minim peserta, padahal pada tempo dulu era tahun 80-an mencapai 60 regu peserta.

Dosen senior Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (JPOK) ULM (Universitas Lambung Mangkurat) Banjarbaru, Drs H Sarmidi M.Kes mengutarakan hal itu kepada ‘Kalimantan Post’ disela menyaksikan pelepasan Gerak Jalan 45 Km di Km 0 depan Gubernuran Jl Sudirman Banjarmasin yang diikuti 9 regu peserta, Jum’at petang (11/8) kemarin.

Menjadi juara pada kelompok bergengsi menempuh jarak 45 Km, menurut Sarmidi adalah sebuah kebanggaan luar biasa, karena mampu menjadi peserta dan mampu mencapai finish dengan jumlah kontingen yang utuh tidak ada yang keluar dari barisan karena tidak tahan, adalah sesuatu yang hebat dan kita patut bangga karenanya.

Dulu jumlah peserta sangat banyak, karena ada wadah organisasi yang memberikan pembinaan, yakni organisasi olahraga PGJSI (Persatuan Gerak Jalan Seluruh Indonesia).

Harapan kita ke depan agar lebih meriah lagi dan diikuti oleh banyak peserta. Kelompok putra umum jarak 45 km, dulu dikala akhir thn 70 an awal thn 80 han jarak 45 km ini menjadi vaforit.

‘’Saya pernah 3 x ikut lomba 45 km ini. Saat itu peserta mencapai 60 an tim, sehingga benar-benar semarak dan meriah,’’ cerita Sarmidi.

Ke depan nya perlu ada wadah khusus pembinaan untuk gerak jalan ini agar menjadi lebih semarak, apalagi dengan jumlah hadiah besar dan trophy yang diperebutkan adalah Piala Bergilir Presiden RI.

Tentunya akan mampu menggugah sekolah-sekolah SMA sederajat, perguruan tinggi dan organisasi pemuda untuk membentuk anggota pasukan Gerak Jalan, yang selalu siap untuk tampil dalam ajang memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Jadi Provinsi Kalimantan Selatan tersebut, cetus Sarmidi yang mantan Sekretaris Umum KONI Kalsel selama hamper lima priode.

Sarmidi juga memuji Peserta untuk tahun ini khususnya pada kelompok SD dan SMP sederajat jarak 8 km cukup signifikan peningkatannya.

Untuk tahun ini kegairahan peserta anak-anak sekolah dasar mencapai 50 tim, kelompok 17 km mencapai 30 tim.

Pihak sekolah mendukung peserta didiknya mengikuti lomba ini, selain utk budaya berolahraga dan pencapaian prestasi sekaligus juga sebagai bukti cinta negeri, dimana lomba ini khusus memperingati hari Proklamasi Indonesia yaitu dengan tajuk Lomba gerak jalan 17 8 45.

Awmbilan regu peserta Gerak Jalan 45 Km tahun 2017, yakni regu Formi Banjarmasin, Yonif 623, JPOK ULM Banjarbaru, Brimob Polda, Lanal Banjarmasin, Sabhara Polda, SMA Negeri 2 Banjarmasin, Ditpolair Polda dan SMA Korpro.

Regu Peserta Meningkat

Menurut Kadispora, Zakly Asswan yang didampingi Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora, Yuyu Rahmat dan Kabid Pembinaan Olahraga Prestasi, Abdul Hamid, menjelaskan bahwa jumlah peserta tahun ini mengalami peningkatan luar biasa.

Bahkan untuk kelompok 8 Km, yang diikuti 19 regu SD dan 42 regu SMP, beberapa barisan regu terakhir belum melangkah ke garis start, bwbwweP peserta yang dilepas lebih dulu sudah memasuki garis finish.

‘’Ini menunjukkan bahwa jumlah peserta sangat banyak, jika narisan seluruh peserta kalau disusun panjangnya lebih dari 8 kilometer, ‘’ papar Zakly Asswan.

Untuk kelompok jarak 17 km dilangsungkan dan dilepas Kamis siang. Pada Jum;at siang (11/8) dijadwalkan untuk jarak 45 km juga dilepas oleh Gubernur Paman Birin.

Jumlah peseerta Lomba gerak jalan 17 km, kelompok dewasa putri 7 regu, kelompok SMA sederajat 34 regu. Lomba jarak 8 km, kelompok SD sederajat 19 regu, SMP sederajad 34 regu. Sedangkan untuk jarak 45 km, diikuti 11 regu, sehingga total seluruh regu peserta Lomba Gerak jalan memperebutkan Piala Presiden RI, Wakil Presiden RI dan Ibu Negara RI, seluruhnya diikuti 113 regu.

Ditambahkan Ketua panitia pelaksana Lomba Gerak Jalan, Yuyu Rahmat untuk Lomba Gerak Jalan 8 Km, kelompok pelajar SD/MI sederajat, juara I Rp7,5 juta, II Rp 6 juta, III Rp.5 juta.

Kelompok pelajar SMP/Mts sederajat juara I Rp7,5 juta,, II Rp6 juta.III Rp5 juta. Semuanya dengan trophy.

Untuk Lomba Gerak jalan 17 Km, kelompok pelajar, juara I Rp9 juta. II Rp7,5 juta.III Rp6 juta..

Kelompok umum dewasa putri, juara I Rp 9 juta, II Rp7,5 juta.III Rp6 juta. Semuanya bersama dengan trophy.

Lomba Gerak Jalan 45 km kelompok dewasa putra, juara I, Rp20 juta, II Rp15 juta. III Rp12,5 juta. IV Rp 10 juta. V Rp 7,5 juta.(k-9)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.