• Hari ini : Senin, 23 Juli 2018

Gerakan Tanam Padi Lebak Digelar

BANTUAN – Diberikan kepada para petan. (KP/Norda Simah)

Kandangan, KP – Dinas Pertanian bersama Penjabat Bupati HSS Dahnial Kifli melaksanakan gerakan tanam padi lebak di kelompok tani Suka Maju Desa Banua Hanyar Kec. Daha Selatan, Rabu (11/7).

Kepala Distan HSS Fathurrahman, mengatakan lokasi ini salah satu dari kegiatan Upaya Khusus Padi, Jagung, Kedelai (Upsus Pajale) yang ditargetkan seluasa 5411 hektar pada tahun 2018 di Kabupaten HSS.

“Sampai saat ini telah ditanam di lahan lebak baru 5074 hektar, dan sisanya sudah siap tanam hingga pertengahan Agustus 2018 sudah selesai serta diperkirakan panen pada bulan Desember 2018 sampai Januari 2019,” katanya,

Pj. Bupati HSS Dahnial Kifli mengatakan, kegiatan ini sangat penting untuk mendukung ketersedian pangan sehingga stok pangan didaerah akan tercukupi. Selain itu juga kegiatan ini selaras dengan tujuan bersama yaitu untuk mewujudkan swasembada pangan di Kabupaten HSS. “Hal ini tentunya akan dapat dicapai melalui percepatan panen, pemanfatan lahan tidur, cetak sawah baru sehingga diharapkan dapat meningkatkan pruduktifitas pertanian kita” ujar Pj. Bupati.

Selain itu, Pj. Bupati sangat berharap agar para orang tua khususnya petani agar dapat membimbing putra-putrinya untuk mencintai kegiatan bertani. Diungkapkannya tanpa adanya penerus para petani, maka pangan sebagai salah satu kebutuhan pokok akan mengalami kelangkaan. “dengan keberadaan para petani, khususnya bagi daerah kita HSS yang sumber mata pencaharian terbanyak adalah petani, maka akan dapat menunjang pembangunan didaerah kita” ungkapnya.

Pj. Bupati juga tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada para penyuluh pertanian yang telah berperan aktif membantu para petani. “Harapan kami agar hal positif ini dapat terus dipertahankan dan kalau bisa ditingkatkan intensitasnya” pungkasnya. (noi/K-6)

 

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua