• Hari ini : Senin, 20 Agustus 2018

Gubernur Kalsel Mendapat Kehormatan dari IPDN

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor diundang resmi untuk menjadi Inspektur Upacara Peringatan ke 89 Hari Sumpah Pemuda di Kampus IPDN Jatinangor Sumedang Jawa Barat, Senin (30/10), dan mendapat kehormatan dari para taruna IPDN.

Jatinangor, KP – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor, mendapat kehormatan dari Civitas Akademika Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat, untuk menjadi Inspektur Upacara Peringatan ke 89  Hari Sumpah Pemuda Tahun 2017, Senin (30/10) pagi.

Ribuan peserta upacara dari Praja IPDN seluruh Indonesia berlangsung di Lapangan Parade IPDN Jatinangor, terkesan dengan pidato Gubernur H Sahbirin Noor yang menggelorakan semangat kepeloporan pemuda dalam perjuangan merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Peserta upacara semakin tersentuh saat Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel ini, mengungkapkan rasa bangganya berada di tengah ribuan Praja IPDN dari seluruh Indonesia.

“Kalian semua adalah miniatur Bangsa Indonesia. Kedisplinan, kekompakan, persaudaraan Praja IPDN sebagaimana diteladankan para pahlawan kokoh diterapkan di lembaga ini.
Itulah diantara miniatur  Bangsa Indonesia yang senyatanya diimplementasikan oleh Praja IPDN saat ini. Dan inilah pemandangan yang sangat indah untuk masa depan Indonesia,’’ paparnya
Gubernur juga mengungkapkan ketidakraguannya atas dedikasi mahasiswa IPDN.

Praja IPDN adalah pemuda-pemudi impian, kader-kader terbaik bangsa yang mewarisi api sumpah pemuda  dan menjadi harapan bangsa dalam memelihara kebhinekaan, memperkuat kedaulatan Negara, baik secara politik maupun ekonomi.

Bangsa ini menghadapi tantangan yang besar yang sudah kita rasakan. Ketersediaan energi dan pangan menjadi tantangan seluruh bangsa di dunia, termasuk Indonesia.

Sementara di sisi lain tantangan masa lalu seperti kebodohan dan keterbelakangan masih belum tuntas kita selesaikan.

Paman Birin juga mengingatkan agar kita semua terus berusaha menjauhi yang namanya penyalahgunaan narkotika dan obat-obat terlarang. Narkoba tidak hanya merugikan bagi si pengguna tetapi  juga merusak generasi muda.

“Untuk bisa mengatasi semua persoalan tersebut maka penting bagi kita semua untuk menghidupkan kembali semangat gotong royong sebagaimana diwariskan oleh para pahlawan bangsa,’’ tandasnya.

Noor Silfa, salah seorang Praja IPDN mengaku sangat terkesan menyimak pidato yang disampaikan Paman Birin. Menurutnya, materi pidato yang disampaikan mengandung inspirasi keteladanan dan motivasi kuat untuk mewujudkan cita- cita seorang praja.

Pidato yang disampaikan beliau, sebut Silfa, cukup sederhana namun mengandung makna mendalam.
Dicontohkan, pesan-pesan dari materi pidato sangat selaras dengan visi dan misi bangsa ini, yakni menuju Indonesia hebat dengan kebersamaan.

Seperti pentingnya menjaga dan memperkokoh  persaudaraan dalam kebhinekaan, saling bekerasama dan terus belajar dan belajar.

“Bagi kami sosok Paman Birin adalah pemimpin inspiratif ,cerdas dan memiliki motivasi kuat untuk membangun. Paling membuat kami terkesan adalah pribadi beliau yang santun dan sederhana,’’ ucapnya.

Sementara itu Gubernur/ Ketua Senat IPDN Kementerian Dalam Negeri RI,Prof Dr Ermaya Suradinata,  mengucapkan terima kasih atas kedatangan Gubernur Kalsel sekaligus berkenan memenuhi undangan menjadi Inspektur Upacara Peringatan ke 89 Hari Sumpah Pemuda 2017.

“Ini merupakan momen tepat untuk menjalin silaturahmi civitas akademika dan para Praja IPDN.
Kedatangan Gubernur Kalsel juga salah satu bagian dari upaya IPDN untuk terus memperkokoh kemitraan dengan lembaga pemerintahan daerah,’’ ucapnya. (ban/K-2)

loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua