• Hari ini : Senin, 22 Januari 2018

Gubernur Lepas Kontingen Pesparawi

Pelepasan Kontingen Pesparawi Mahasiswa Kalteng ke Medan.
Pelepasan Kontingen Pesparawi Mahasiswa Kalteng ke Medan.

Palangka Raya, KP – Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran, lepas tim kontingen Pesparawi Mahasiswa Kalteng, Rabu (31/8) di Aula Jayang Tingang Kantor Gubernur, yang diikuti tiga tim yakni dari Universitas Palangka Raya (UPR), STAKN, dan UNKRIP.

Kepada tim tersebut Gubernur menegaskan, mereka bukan lagi membawa nama lembaga pendidikan tinggi tempat mereka belajar, tetapi atas nama propinsi, untuk itu wajib menjaga nama baik daerah.

Diingatkan, agar keberhasilan bisa tercapai seluruh tim menjaga kesehatan dan kekompakan.

“Perlu tim dokter mendampingi kalian,’’ ujar Gubernur, seraya berharap dalam penampilan bisa tampil sebaik-baiknya dan maksimal.

Pasalnya menurut Gubernur kondisi daerah di Medan Sumatra Utara saat ini sangat berbeda dibandingkan Kalteng, Kalteng masih ada hujannya, sedangkan di Sumatra Utara cuacanya sangat, tidak ada hujan, terangnya.

Pada kesempatan yang sama Gubernur mengingatkan dan menyampaikan pesan bagi masyarakat Kalteng, khususnya orang tua para mahasiswa-siswi di daerah ini, ia sangat menjaga kebersamaan, dan keberagamaan agama, dan suku ditengah masyarakat Kalteng, khsusnya warga Dayak.

Jangan sampai ada yang mencabik-cabik keberagamaan di Kalteng, selaku orang Dayak masih banyak keluargannya menganut agama asli Kalteng, termasuk penganut Kristiani, sehingga bila ada yang membeda-bedakan soal agama itu sudah tidak benar, tegasnya.

Sebab membangun Kalteng harus melalui kebersamaan, keharmonisan, dan ketulusan, ke depan ia sendiri akan terus memupuk hal itu. Terkait kegiatan Pesparawi dikalangan mahasiswa dimaksud ia sendiri sangat mendukung, sebagai bentuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dikalangan generasi muda.

Khusus untuk kalangan generasi muda di pedalaman ia akan mencari solusi agar mereka bisa kuliah melalui program Universitas Terbuka, dan bagi mereka memiliki IP tinggi akan terus diberi beasiswa, sehingga bisa meraih pendidikan S2 hingga S3.

Tujuannya jelas agar masyarakat Dayak bisa bersiang di kelembagaan negera, saat ini sangat sulit bahkan tidak ada pejabat orang Kalteng setingkat Direktur maupun Dirjen, apalagi setingkat Mentri, untuk mitu orang Kalteng harus mengejar pendidikan tinggi, imbuhnya.

Sementara itu sebelumnya Ketua Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Kalteng Dr.Siun Jarias mengungkapkan keikutsertaan tim mahasiswa Kalteng pada event 2 tahunan ke XIV tahun ini di Medan, merupakan kesekian kalinya tanpa target muluk-muluk, tetapi hanya ingin tampil maksimal.

Namun demikian pihaknya optimis akan meraih medali, sebab banyak kategori yang dilombakan.

Pelapasan kontingen ditandai dengan penyerahan bendara Kontingen Kalteng oleh Gubernur kepada Ketua Tim Dr.Adi Jaya, disertai foto bersama.(drt/K-8)

Tag:,
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua