• Hari ini : Jumat, 19 Oktober 2018

Gubernur Paman Birin Resmikan Festival Silat Budaya Kintauw

Gubernur Paman Birin bersama peserta festival

Banjarmasin, KP – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor meresmikan pembukaan Festival Silat Budaya/Kuntauw, di Siring Jl Sudirman Nol Kilometer, Senin pagi (14/5) kemarin.

Menurut Gubernur yang sapaan akrabnya Paman Birin, kita Bangsa Indonesia harus bersyukur dan bangga karena memiliki akar budaya olahraga bela diri yakni pencak silat/kuntaw, yang dipertandingkan secara nasional, dan akan ditampilkan di ajang Asian Games 2018, serta diperkenalkan pada ajang Olimpiade.

‘’Kita sebagai bagian dari keluarga pencak silat budaya/kuntaw harus merasa bangga, karena budaya kita mendapatkan perhatian di tingkat nasional dan internasional,’’ kata Paman Birin.

Dikatakannya dengan melakukan olahraga bela diri silat budaya/kuntaw, kita akan memiliki kekuatan, kesehatan tubuh yang prima dan kebugaran, sehingga menjadi sumber daya yang memiliki daya saing tinggi.

Dengan menguasai ilmu bela diri silat budaya, kita juga akan bisa mengalahkan keterbelakangan, kebodohan dan ketertinggalan, serta memerangi bahaya penggunaan narkoba yang menyusup secara perlahan, serta membuat para penggunanya menjadi ‘lengo’ atau lemah dan bodoh, tukas Paman Birin.

Gubernur Paman Birin juga mengajak para peserta festival untuk bersama-sama menyanyikan lagu ‘Bergerak’ yang menjadi slogan Kalimantan selatan,

Bergerak…Bergerak…Berjuang..berjuang..berjuang berjuang… Menang

Gubernur yang penggemar berbagai cabang olahraga ini, mengingatkan para wasit dan juri untuk menjunjung tinggi sportifitas, bertindak sebagai wasit dan juri yang adil dan jujur, tidak ada ‘like and dislike; terhadap atlet yang bertanding.Berikan kepeutusan obyektif, yang baik yang menang, jangan karena atlet perguruannya lalu membuat putusan mengalahkan lawannya yang sebenarnya lebih baik,’’ pinta Paman Birin.

Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga) Kalsel, Yuyu Rahmat melaporkan Festival silat Budaya/Kuntauw akan berlangsung dua hari tgl 14-15 Mei, diikuti 65 tim atau 250-an orang atlet silat dari beberapa kabupaten kota di Kalsel. (nfr/k-9)

loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua