• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Guru PAUD Dibekali Ilmu Origami

Ketua TP PKK Ririen Kartika saat membuka Workshop Kerajinan Seni Kertas (Origami).
Ketua TP PKK Ririen Kartika saat membuka Workshop Kerajinan Seni Kertas (Origami).

Banjarbaru, KP – Ketua TP PKK Hj Ririen Kartika didampingi Kepala Kantor Pustarda Nurlaini Dardie membuka Kegiatan Workshop Kerajinan Seni Kertas (Origami) di aula Pustarda, Sabtu (24/9).

Meskipun hujan pagi itu melanda kota idaman, namun para bunda PAUD se Banjarbaru tetap semangat hadir guna mengikuti workshop ini yang diajarkan masternya Maya Hirai dari Scool Of Origami Indonesia dan Sanggar Origami Indonesia yang merupakan peraih 5 rekor Muri Indonesia.

Ketua TP PKK sekaligus Bunda PAUD Ririen Kartika mengatakan, kata origami berasal dari bahasa Jepang dengan kata “ori” yang berarti “lipat” dan “gami” yang berarti “kertas”, merupakan seni tradisional melipat kertas yang berkembang menjadi suatu bentuk kesenian yang modern.

“Adapun kegunaan dan manfaat jika anak diajarkan origami sejak usia dini, yakni anak akan semakin akrab dengan konsep-konsep dan istilah-istilah matematika geometri, karena pada saat bunda atau sorang guru menerangkan origami, sering menggunakan istilah matematika geometri,’’ tandasnya.

Bermain origami, sambungnya, juga bisa meningkatkan keterampilan motorik halus anak, menekan kertas dengan ujung-ujung jari adalah latihan efektif, lalu meningkatkan dan memahami pentingnya akurasi, meningkatkan citra diri dan bakat anak secara intens.

“Juga bisa mengembangkan kemampuan berpikir logis dan analitis walau masih dalam tahap awal yang sederhana. Latihan berkonsentrasi, meningkatkan persepsi visual dan spasial yang  lebih kuat serta masih banyak manfaat lainnya,’’ tandasnya. (wan/K-5)

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua