• Hari ini : Sabtu, 20 Januari 2018

Haji Leman Diberi Penghargaan Seumur Hidup

Ketua KNPI Kalsel, Hasan Ismail, ketika menyerahkan penghargaan kepada beberapa pemuda berprestasi banua.
Ketua KNPI Kalsel, Hasan Ismail, ketika menyerahkan penghargaan kepada beberapa pemuda berprestasi banua.

Banjarmasin, KP – Sebagai tokoh dan banyak berkarya dalam pembangunan di Kalimantan Selatan (Kalsel), Almarhum H Abdussamad Sulaiman HB, menerima penghargaan seumur hidup dari KNPI Kalsel. Pria yang dulu akrap disapa Haji Leman itu, terpilih di antara banyak tokoh lainnya.

“Perwakilan keluarga mengucapkan terimakasih kepada KNPI yang sudah memilih orang tua kami. Tadi saya cukup bergetar mendengar pidato, bahwa pemuda di Banua punya gairah untuk pembangunan,’’ ujar Zainal Hadi HAS, putera Almarhum Haji Leman, usai menerima penghargaan, Jumat (18/8) malam, di Gedung Mahligai Pancasila.

Haji Leman ditunjuk secara langsung dalam menerima penghargaan tersebut. Berbeda dengan kategori lainnya yang juga diberi anugerah. Prosesnya melalui pendaftaran yang dibuka KNPI Kalsel. Memang, menurut Ketua KNPI Kalsel, Hasan Ismail, pihaknya sengaja membuka pendaftaran untuk calon penerima anugerah.

“Life time achievment kami berikan kepada H Leman, ini penghargaan khusus atas sumbangsih beliau. Kami secara khusus memilih beliau,’’ ujarnya.

Ia menjelaskan, mengapa ada sebagian kandidat yang melalui proses pendaftaran, karena menginginkan adanya keterbukaan.

“Kami menghargai keterbukaan dan iklim demokrasi yang terbangun di Kalsel selama ini, itu alasanan kenapa kami buka melalui pendaftaran,’’ tegasnya.

Pun demikian, sambung Hasan, tidak berarti semuanya harus yang bersangkutan melakukan pendaftaran. Disebutnya, pendaftaran itu bisa dilakukan orang lain yang memberikan usulan.

“Kami berusaha se fair mungkin, ini terbuka untuk semua pemuda mendaftar atau didaftarkan, boleh dari orang lain yang daftarkan, dan kami punya dewan juri yang cukup fair, ada kategori yang langsung menerima anugerah tanpa melalui pendaftaran,’’ tuturnya.

Dikatakan Hasan, penganugerahan KNPI ini merupakan yang pertama kali. Tujuannya, ujar Hasan, untuk memberikan motivasi dan juga apresiasi.

“Ada juga penghargaan kepada ketua-ketua KNPI terdahulu. Ada di Bidang Pendidikan, Wirausaha dan lain-lain,’’ bebernya.

Selain Haji Leman, mereka yang juga mendapatkan penghargaan adalah Sistia Raisanty Bidang Kewirausahaan dan juga H Nurrahman Bidang Olahraga.

“Ini penghargaan dalam bidang usaha sasirangan. Sebelumnya, juara satu tingkat wilayah 2012 kreatif kategori mahasiswa,’’ ujar Sistia.

Sementara, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor mengatakan, peranan pemuda dalam hal pembangunan sangat dibutuhkan. Oleh karenanya, ia berpesan kepada seluruh Pemuda Banua untuk meraih prestasi dan menjauhi narkoba.

“Pemuda harus bersemangat. Terutama, dalam hal bersinergi dengan pemerintah untuk membangun daerah. Jangan sampai terkena pengaruh narkoba, karena itu merusak mental bangsa,’’ pesannya. (mns/K-2)

Tag:,
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua