• Hari ini : Senin, 19 Februari 2018

Harga Daging Sapi Segar Bertahan Tinggi

DAGING HARGA BERTAHAN – Harga daging sapi segar kiloan disejumlah pasar tradisional dalam dua bulanan ini harganya terus bertahan tinggi padahal pasokan dari Pulau Jawa dan Bima masih lancar. (KP/Hifni)

Banjarmasin, KP – Harga daging segar kiloan disejumlah pasar tradisional masih bertahan tinggi dijual Rp125 ribu sampai Rp130 ribu per kilonya kondisi harga seperti ini membuat daya beli semakin melemah.

“Meskipun pasokan sangan lancar sapi potong asal Bima, Bali dan Surabaya, saat ini dimana harga daging segar terus bertahan tinggi disejumlah pasar tradisional dijual dengan harga Rp125,000 sampai Rp130,000 per kilonya,” sebut Sam’un penjual daging segar Pasar Lama.

“ Jika berharap pembelian dari para ibu rumah tangga semakin sulit disaat harga bertahan tinggi seperti ini biasanya ibu ruamh tangga membeli daging saat perayaan hari keagamaan saja atau saat menggelar hajatan,” sebutnya.

Ditambahkan, Hj Isna penjual daging lapak Pasar Teluk Dalam, harga daging murni kualitas baik dalam sepekan ini dijual Rp130,000,- per kilo ada kenaikan pada sebelumnya dijual hanya Rp120,000,- hingga Rp115,000,- per kilo untuk kualitas biasa.

Menurut nenek 1 cucu ini bertahannya, harga daging dua bulanan ini dimulai dari pasokan agen besar kalau harga beli naik ia mengkuti dan jika harga beli diagen besar turun ikut turun jadi hanya mengikuti mekanisme pasar.

Selain daging segar yang bertahan tinggi juga diikuti tulangan iga, tulangan kaki, hati dan hati ampul sapi, kondisi ini tentu akan mempengaruhi pendapatan penjualan setiap harinya, padahal keinginan pedagang dan konsumen harga daging sapi setiap bulan dan minggunya bisa terus stabil harga jualnya.

Dari informasi dilapangan di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin pasokan sapi potong asal Madura dan Bima Nusa Tenggara Timur setiap minggu selalu datang dengan menggunakan kapal roro atau penumpang selain itu ada juga yang menggunakan perahu yang merapat di Pelabuhan Martapura Lama RE Martadinata, artinya pasokan sapi potong masih mencukupi.

“Biasanya setiap setengah bulan ada saja armada kapal roro atau kapal perahu madura membawa sapi potong asal Kota Surabaya Madura serta sapi Bima untuk memenuhi permintaan daging segar di sejumlah rumah potong dan pasar tradisional Banjarmasin,’’kata Yandi petugas Pelindo lapangan Pelabuhan Trisakti Banjarmasin kemaren siang.

Yanti pedagang lapak daging segar di Pasar Sentra Antasari kepada wartawan Selasa (23/10) menambahkan, harga daging sapi segar sudah mulai merangkak naik untuk kualitas bagus dijual sekitar Rp130.000,- dan kualitas biasa dijual Rp125,000,- per kilonya ada kenaikkan dari bulan yang lalu.

Dijelaskan, sekalipun harga daging naik tingkat penjualan masih berjalan normal di Sentra Antasari, namun besarannya sudah mulai berkurang.

Naiknya harga daging sapi juga diikuti dengan naiknya daging rawanan serta tulangan, untuk tulangan kualitas bagus dijual Rp60.000,- dan tulangan biasa hanya Rp40.000,- ada kenaikan Rp5.000,- sampai Rp10.000,- per kilonya, untuk hati serta tulang kaki sapi untuk sop kikil juga naik dijual sekitar Rp60,000,- per kilonya.

Disinggung kondisi penjualan ketika memasuki tutup tahun seperti ini, menurutnya untuk ibu rumah tangga permintaan jelas sangat berkurang kecuali keluarganya yang sedang melaksanakan perkawinan. (hif/K-7)

 

error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua