• Hari ini : Selasa, 16 Oktober 2018

Harga dan Permintaan Telur Meningkat

Tingginya permintaan telur ayam ras dan bebek setiap harinya jelang perayaan keagamaan seperti bulan Rajab dan maulid serta jelang Ramadhan pekan ini harga telur ayam ras mulai merangkak naik seiring tingginya permintaan setiap harinya hingga Rp23 ribu per kilonya.
Tingginya permintaan telur ayam ras dan bebek setiap harinya jelang perayaan keagamaan seperti bulan Rajab dan maulid serta jelang Ramadhan pekan ini harga telur ayam ras mulai merangkak naik seiring tingginya permintaan setiap harinya hingga Rp23 ribu per kilonya.

BANJARMASIN, KP – Memasuki bulan suci Ramadhan, harga telur ayam ras kiloan hingga telur bebek tambak dan pantai disejumlah pasar tradisional Banjarmasin mulai mengalami kenaikan akibat permintaan yang tinggi.

Penuturan beberapa pedagang tradisional di Pasar Kasatrian Veteran dan Pasar Lama pasokan telur sangat mencukupi untuk memenuhi permintaan memasuki bulan Ramadhan.

Dari pantauan wartawan dilapangan Minggu (21/5) disejumlah pasar tradisional Banjarmasin para pedagang kecil eceran dan besar grosiran mulai sepakat menaikan harga-harga barang keperluan ibu rumah tangga akibat dipicu masih tingginya permintaan telur ketika akan memasuki bulan Ramadhan.

Ady N Talu  pedagang telur grosiran Pasar Sentra Antasari kepada wartawan menjelaskan, memasuki bulan keagamaan seperti bulan Ramadhan ini harga telur selalu terdongkrak naik seiring dengan semakin tingginya permintaan dan ini selalu terjadi setiap tahunnya.

Yang mengalami kenaikan seperti telur ayam ras kiloan lokal dan Pulau Jawa sebelumnya dijual Rp18,000,- per kilogramnya mengalami kenaikan sekitar Rp19,500,- per kilonya untuk tingkat hingga Rp22,000,- grosiran sedangkan tingkat eceran kembali naik dijual dikisaran Rp23,000,- perkilo.

Ditambahkan, harga jual harga telur bebek tambak sekitar Rp2500,- per biji padahal sebelumnya dijual bervariasi sekitar Rp2100,- hingga Rp2200,- per bijinya sedangkan untuk telur bebek pantai masih kosong namun konsumen dan pedagang lebih menyukai bebek tambak karena lebih cepat lakunya.

“Saya prediksi harga telur ayam ras kiloan dan bebek tambak akan bertahan dan cendrung kembali akan naik karena akan memasuki bulan suci Ramadhan beberapa hari lagi,” katanya.

Setiap hari kebutuhan dan permintaan telur ayam ras kiloan serta bebek sangat tinggi karena telur selain digunakan untuk lauk untuk para warung siap saji juga digunakan untuk pembuatan kue.

Dalam kondisi normal pasokan telur ayam dan itik setiap 2 hari sekali cukup banyak yang masuk asal Pulau Jawa selain berasal dari Tanah Laut dan Banjarbaru, apalagi dibulan keagamaan seperti ini permintaan telur ayam ras yang naik 2 hingga 3 kali dibanding hari biasanya.

Disebutkan Yusron pedagang Pasar Khasatrian Veteran, saat ini penjualan telur ayam ras 50 sampai 60 ikat sangat mudah menjualnya padahal sebelumnya 30 ikat sangat sulit menghabiskannya.

Terpisah, Kepala Cabang Dharma Lautan Utama (DLU) Anton wahyudi SE ketika dikonfirmasi wartawan kemaren, mengatakan, hingga saat ini tidak ada gangguan yang berarti untuk armada truk pasokan telur hingga sayuran asal Pulau Jawa yang menggunakan Kapal Roro semua pasokan berjalan lancar.

“Sekalipun memasuki bulan Ramadhan armada angkutan dikawasan Pelabuhan Trisakti baik kapal kontainer pasokan sembako dan armada truk kapal roro masih lancar, dan hingga kini pasokan semakin membaik, dengan 3 armada yang digunakan perusahaannya seperti KM Dharma Kencana,” tutup Anton Wahyudi. (hif/K-7)

loading...
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua