• Hari ini : Selasa, 23 Januari 2018

HGN, PGRI dan KORPRI Diperingati Bersamaan

Bupati H Ansharuddin berikan penghargaan kepada tokoh pendidikan yang telah banyak membantu dunia pendidikan selama ini. (ist)
Bupati H Ansharuddin berikan penghargaan kepada tokoh pendidikan yang telah banyak membantu dunia pendidikan selama ini. (ist)

Paringin, KP – Sebagai penghormatan dan penghargaan kepada guru di seluruh Indonesia, pemerintah Republik Indonesia menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional (HGN) yang diperingati bersama hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), oleh semua guru di seluruh penjuru Nusantara.

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Balangan juga turut merayakan Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) dan PGRI ke 71 tahun 2016, Senin (28/11) pukul 08.00 Pagi, Bertempat di Halaman Kantor Bupati Balangan. Perayaan HGN dan PGRI &.ke 71 dirangkai juga dengan peringatan Hari KORPRI ke 45.

Upacara peringatan HGN/PGRI tahun ini mengangkat tema “Guru dan Tenaga Kependidikan Mulia Karena Karya” tersebut dihadiri ribuan guru berseragam PGRI dan sebagian berseragam waskat serta PNS dengan seragam KORPRI.

Turur hadir dalam upacara tersebut Bupati Balangan H Ansharuddin, unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Sekdakab, Assisten Bupati, Staf Ahli, Kepala Dinas Pendidikan, Pimpinan SKPD, Kamenag, Kepala sekolah mulai dari tingkat TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK Se- Balangan.

Upacara di awali dengan pembacaan singkat sejarah PGRI, pembacaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, pembacaan teks pancasila, dan dilanjutkan sambutan dari Bupati Paser.

Bupati Balangan H Ansharuddin bertindak sebagai pembina upacara membacakan sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.
Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI yang dibacakan Bupati, sangat mengapresiasi keberadaan guru-guru di seluruh Indonesia sebagai garda depan untuk memajukan bangsa. Pemerintah bertekad meningkatkan kesejahteraan guru melalui pemberian tunjangan profesi dan tunjangan khusus bagi guru yang sudah bersertifikat pendidik dan berharap hal ini berimplikasi nyata bagi perbaikan kompetensi dan kinerja guru.

Hal tersebut, dapat dibuktikan dengan peningkatan mutu, proses dan hasil belajar siswa, kedepan perlu segera dirumuskan kebijakan, agar sebagian tunjangan profesi guru dapat diimplikasikan bagi peningkatan kinerja guru melalui program pelatihan dan usaha agar guru belajar mandiri.

Membentuk guru yang profesional, sejahtera, bermartabat dan terlindungi, sedang dan akan terus dilakukan oleh pemerintah disemua tingkatan. Peningkatan profesionalisme guru menjadi salah satu dari 5 agenda utama pembangunan pendidikan nasional.

Selamat Berhari Guru, Harinya Orang-Orang Mulia yang Mempersiapkan Generasi Masa Depan yang Lebih Cemerlang dan Jadilah Guru yang Berkemajuan, Ayo Hormati Guru Pungkas Ansharuddin menutup pembacaan sambutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Dalam rangkaian upacara peringatan HGN dan PGRI ke 71 Kabupaten Balangan ini dikemas juga beberapa kegiatan yakni penampilan bamanda.

Selain itu, dilakukan pula penyerahan piagam penghargaan kepada guru, pelajar dan tokoh pendidikan yang berprestasi serta penyerahan tropy kepada pada juara baik dalam lomba kegiatan HGN/PGRI dan KORPRI oleh Bupati H Ansharuddin. (jun/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua