• Hari ini : Selasa, 17 Juli 2018

Hj Siti Nuriyani Syahyar Dampingi Ketua TP PKK Provinsi

MENDAMPINGI – Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj Raudathul Jannah Sahbirin saat menghadiri pameran kerajinan Dekranas seluruh Indonesia di Gedung Smesco Gatot Subroto Jakarta, dilakukan Ketua TP PKK Kabupaten Tapin yang juga Ketua Dekranasda Kabupaten Tapin Hj Siti Nuriyani Syahyar.(KP/HM Baseri)

Rantau, KP – Dra Hj Siti Nuriyani Syahyar yang juga ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kabupaten Tapin dampingi ketua Dekranasda provinsi Kalsel diajang pameran kerajinan dan industri kecil di Jakarta.

Stand pameran Dewan Kerajinan Nasional Daerah (dekranasda) Provinsi Kalsel yang berlaga di Jakarta sangat menarik dan memukau para pengunjung.

Banyak sekali kerajinan tangan warga Kalsel yang ditampilkan di pameran itu, terutama kerajinan industri kecil rumah tangga berupa anyaman, baik yang tradisional maupun kerajinan yang sudah dikemas dengan sentuhan modern.

Ketua TP PKK Kabupaten Tapin Hj Nuriyani Syahyar mendampingi Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul JannahSahbirin saat menghadiri pameran kerajinan seluruh Indonesia tersebut di Gedung Smesco Gatot Subroto Jakarta, belum lama tadi.

Pada kesempatan itu tim Dekranasda Kalsel bertemu dan berbincang-bincang dengan banyak kalangan di antaranya dengan sosok yang cukup terkenal di negeri ini yaitu Dewi Motik.

Rombongan Dekranasda Kalsel, kemudian menghadiri rapat koordinasi nasional PKK yang dibuka oleh Ibu Negara Iriana Jokowi. Hadir juga Ketua Umum PKK Pusat Erni Cahyo Kumolo di Hotel Sultan Jakarta.

Menurut Ketua TP PKK kabupaten Tapin Hj Nuriyani Syahyar, pihaknya terus melakukan pembenahan untuk kemajuan PKK kabupaten Tapin termasuk sistem administrasi keuangan. “ Kami telah berkonsultasi dengan pembina PKK di pusat mengenai sistem keuangan PKK di daerah.” Ungkapnya.

Hj Nuriyani Syahyar juga banyak melakukan kunjungan langsung melakukan pembinaan di PKK di kecamatan dan desa dalam rangka menggerakan ibu-ibu pedesaan, terutama membangun kesehatan perempuan di antaranya dengan pemeriksaan iva test bagi kaum perempuan desa.

Menurut Hj Nuriyani Syahyar pihaknya juga sedang melakukan pembinaan kepada kaum perempuan untuk meningkatkan penghasilan dan kesejahteraan mereka.

Sementara itu Penjabat Bupati Kabupaten Tapin H Gusti Syahyar mengatakan di Tapin cukup banyak kerajinan tangan, pihaknya sedang melakukan pembinaan untuk menarik pasar domestik dan pasar global.

“Baik kerajinan tangan seperti anyaman maupun kerajinan kain sasirangan, kita bina dan dorong mereka membuat produknya menjadi lebih menarik,” ungkap penjabat Bupati Tapin H Gusti Syahyar.

H. Gusti Syahyar menginginkan industri kerajinan lokal khas Tapin seperti kain sasirangan, anyaman tikar dan purun serta komoditi prtanian lain nya bisa brsaing secara global di pasar nasional dan international.

“Saya sangat ingin agar produk-produk kerajinan tangan seperti sasirangan khas Tapin, anyaman tikar dan purun yang dihasilkan oleh para pelaku usaha kecil yang tersebar di wilayah kabupaten Tapin bisa brsaing menembus dikancah nasional bahkan menembus pangsa pasar internasional,” pungkas H. Gusti Syahyar. (rel/K-6)

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua