• Hari ini : Minggu, 25 Februari 2018

Honor Non PNS Diusulkan Naik

Foto Ilustrasi. (google)

Kotabaru, KP – Tenaga kerja non PNS Kotabaru dapat bersukacita atas usulan DPRD kepada Eksekutif untuk meningkatkan insentif atau honor mereka demi pemenuhan kebutuhan dan peningkatan kesejahteraan pegawai non PNS tersebut.

Disampaikan oleh Ketua Komisi III DPRD Kotabaru Denny Hendro Kurnianto ahir oktober 2017, “ Ini dilakukan, melihat masih minimnya penghasilan para pegawai non PNS saat ini, kemudian mengingat tugas dan beban kerja yang relatif berat. Meski belum bisa sesuai dengan upah minimum regional/provinsi (UMR/P), namun dari honor tenaga non PNS (TNP) sekarang yang hanya Rp1,2 juta, diharapkan bisa ada peningkatan. Jika melihat keuangan daerah saat ini, memang belum cukup untuk memberikan insentif atau honor sesuai UMR, karena keberadaan jumlah (TNP) cukup banyak. Sebagaimana data yang d ia terima, khusus di lingkungan Rumah Sakit Kotabaru saja, terdapat 137 orang TNP baik perawat, bidan dan tenaga lainya, termasuk 15 dokter dan dokter spesialis, meski keberadaan mereka tidak dipungkiri memang sangat diperlukan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Begitu juga dengan sektor lain, seperti pendidikan, betapa besar jumlah TNP yang tersebar di seluruh wilayah pemerintahan Kabupaten Kotabaru saat ini mereka benar-benar bekerja memberikan pelayanan sesuai profesionalisme mereka..

Hal ini hendaknya dihargai dan diapresiasi seimbang, setidaknya dengan memberikan tambahan dari honor yang diterima tiap bulannya seperti sekarang “. Beber Denny kemudian melanjutkan

“Namun untuk anggaran 2019 masih ada waktu merumuskan oleh tim anggaran baik ekskeutif dan legislatif, sehingga peningkatan tersebut akan terencana dan terukur. Ya kalau melihat angka ideal harusya sesuai dengan UMR atau UMP, tapi kan juga harus realistis bagaimana kemampuan APBD” . Katanya.

Menurut Denny, resiko peningkatan honor bagi TNP bisa dilakukan dengan catatan harus mengurangi belanja langsung barang. Artinya, selisih yang ada dari pengurangan tersebut bisa untuk menambah honor TNP. (hms/and/K-6)

 

Tag:
error: Kalimantan Post - Asli Koran Banua