HSS Kembali Raih Piala Adipura

ditulis pada 4 Agustus 2017

Bupati HSS – H Achmad Fikry menerima piala Adipura Buana diserahkan Menteri Lingkungan Hidup (LH) dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar dalam acara Malam Anugerah Lingkungan Hidup 2017.

Kandangan, KP – Lambang supremasi pengelolaan kebersihan dan keindahan kota berupa piala Adipura kembali bisa diraih kabupaten HSS untuk tahun 2017 ini.

Dengan kembali diboyongnya Adipura ini, Kabupaten HSS berhasil mempertahankan prestasi yang sama di tahun 2016.

Ini merupakan tahun kedua HSS  berhasil mendapatkan Adipura semenjak dipimpin Bupati Drs H Achmad Fikry,MAP.

Untuk diketahui, bupati H Achmad Fikry menerima piala Adipura Buana diserahkan Menteri Lingkungan Hidup (LH) dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya Bakar dalam acara Malam Anugerah Lingkungan Hidup 2017.

Dari informasi Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) HSS, Hendro Martono,MT mengatakan Kabupaten HSS adalah salah satu dari 101 Kabupaten atau Kota se Indonesia, yang menerima penghargaan kota bersih untuk kedua kalinya, yaitu tahun 2016 dan 2017.

“Kabupaten HSS di acara Malam Anugerah Lingkungan tidak hanya menerima Piala Adipura, tapi juga menerima Piala Adiwiyata Mandiri, untuk SMAN 1 Kandangan dan MTsN Amawang, penyerahan juga diserahkan Menteri LH dan Kehutanan RI,”katanya.

Dijelaskan dia, dua Sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata di HSS tersebut adalah bagian dari 113 sekolah penerima Piala Adiwiyata se-Indonesia yang telah menyelenggarakan pendidikan berwawasan lingkungan.

Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo mengatakan, hutan Indonesia harus benar-benar bermanfaat untuk rakyat Indonesia, oleh sebab itu pentingnya mempunyai strategi besar untuk pengelolaan hutan yang berdimensi ekonomi dan lingkungan.

“Jangan berfikir rutinitas, monoton, dan tidak ada pembaharuan-pembaharuan untuk kemajuan,”katanya.

Dijelaskannya, alam adalah bagian dari masyarakat Indonesia, karenanya manusia Indonesia satu kesatuan dengan alam, saat memberikan arahan dalam acara Peringatan Hari Lingkungan Hidup, Rabu (2/8) Pagi.

Peringatan tahun ini, mengampanyekan “Menanam minimal 25 pohon seumur hidup”, dan menetapkan Pohon Jati sebagai Landmark Hutan Indonesia.

Bupati HSS H Achmad Fikry, mengatakan diraihnya Piala Adipura ini patut disyukuri bersama, dan menghimbau agar budaya bersih ini tetap dipertahankan dan ditingkatkan, saat usai menerima penghargaan Adipura Buana, di  Auditorium Manggala Wana Bhakti Kementerian LH dan Kehutanan, Jakarta, Rabu (2/8) Malam .

“Budaya bersih tidak hanya semata-mata ingin meraih penghargaan saja tapi hendaknya bisa menjadi karakter orang Hulu Sungai Selatan yang cinta akan lingkungan dan kebersihan,”katanya.

Begitupun diraihnya Adiwiyata Mandiri, menurut dia, penghargaan ini merupakan pembelajaran yang penting untuk anak-anak HSS sebagai generasi penerus, untuk terus menjaga kebersihan dan merawat lingkungan di sekolahnya maupun sekitarnya.

Seperti tahun lalu, direncanakan piala Adipura akan langsung diboyong ke HSS untuk diarak keliling kota.

Dimana nantinya acara penerimaan piala Adipura di HSS akan dipusatkan di Lapangan Lambung Mangkurat Kandangan.

Acara akan dihadiri semua pihak yang telah bekerja keras untuk bisa mempertahkan piala Adipura, terutama kalangan petugas kebersihan. (noi/K-6)

You must be logged in to post a comment Login

LANGGANAN BERITA Via EMAIL
Update Berita Terbaru Seputar Kalimantan
Kalimantan Post - Asli Koran Banua.